Advertisement

Dukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Kodim Magelang tanam Jagung Hibrida

Newswire
Kamis, 02 November 2023 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Dukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Kodim Magelang tanam Jagung Hibrida TNI/Polri dan forkompimda di Magelang dukung Ketahanan Pangan Nasional. ANTARA - HO/Bagian Prokompim Kabupaten Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Kodim 0705/Magelang bersama Kasdam IV/Diponegoro dan jajaran forkompimda melakukan penanaman jagung manis hibrida di Sanggrahan, Wates, Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (1/11/2023). Penanaman jagung di atas lahan seluas 0,3 hektare tersebut dalam upaya mendukung ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat.

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis berharap melalui kegiatan ini TNI/Polri, termasuk pemerintah daerah, bisa meningkatkan hasil pertanian di wilayahnya masing-masing.

Advertisement

"Kalau kami dari jajaran TNI memanfaatkan lahan-lahan kosong milik TNI maupun kami kerja sama dengan masyarakat dengan harapan nanti hasilnya bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan untuk masyarakat sekitarnya," katanya.

Dandim 0705/Magelang Letkol Inf. Jarot Susanto menjelaskan bahwa gerakan ketahanan pangan di Kelurahan Wates pada lahan milik Angkatan Darat dengan luas 0,3 hektare yang ditanami jagung manis hibrida dan sudah tiga kali panen.

Untuk di Kabupaten Magelang, kata dia, gerakan ketahanan pangan ini di atas lahan milik masyarakat desa bekas tambang 20 tahun tidak produktif, lebih tepatnya di Desa Keningar, Kecamatan Dukun.

"Kami tanami jagung dan sudah tiga kali panen juga dengan luas 1,2 hektare, jenisnya juga jagung hibrida," katanya.

BACA JUGA: Menteri PPN Singgung Implementasi Teknologi RFID Pada Ternak

Jarot mengatakan bahwa pemilihan tanaman jagung ini karena sesuai dengan tipologi wilayah, perawatan yang mudah, dan tidak memerlukan banyak air.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyampaikan apresiasi atas inisiasi dari Panglima TNI yang telah menggerakkan jajarannya di seluruh daerah untuk ikut serta dalam ketahanan pangan ini.

"Tentunya ini akan menguntungkan bagi masyarakat Kabupaten Magelang khususnya, untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Magelang ini benar-benar bisa memberikan kontribusi agar Indonesia tidak harus impor," katanya.

Adi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pertanian dan Pangan akan menyambut baik dan siap berkolaborasi untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong dalam upaya mendorong ketahanan pangan di Kabupaten Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Info Stok dan Jadwal Donor Darah Jogja Hari Ini, Senin 22 April 2024

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement