Advertisement

Plt Bupati Purworejo Luncurkan Portal Si Dalijo

Media Digital
Jum'at, 03 November 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Plt Bupati Purworejo Luncurkan Portal Si Dalijo Peluncuran Portal Si Dalijo bersamaan dengan acara CVP (Critical Voice Point), Jumat (3/11/2023), di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. - ist - Prokopim Purworejo

Advertisement

PURWOREJO—Plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH secara resmi meluncurkan Portal Si Dalijo bersamaan dengan acara CVP (Critical Voice Point), Jumat (3/11/2023), di Pendopo Kabupaten Purworejo. Portal ini merupakan salah satu inovasi dalam Strategi Data Lintas Sektoral Data Tematik Untuk Pengembangan Investasi di Kabupaten Purworejo.

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol oleh Plt Bupati Purworejo sebagai simbol dimulainya pemanfaatan portal yang berisi data tematik, literasi statistik dan buku tentang Si Dalijo

Advertisement

Hadir DPRD Kabupaten Purworejo diwakili oleh Muhammad Abdullah SE SH MAP, Para Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, Staf Ahli Bupati, Camat se-Kabupaten Purworejo, Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi, Direktur Bank Jateng, Direktur Perumda Bank Purworejo, akademisi, para pengusaha, paguyuban UMKM, wartawan, admin media online dan tamu undangan lainnya.

Plt Bupati mengatakan ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam mendengarkan aspirasi masyarakat dan berkolaborasi dalam rangka membangun lingkungan data dan investasi yang lebih berkembang.

“Data merupakan aset yang sangat berharga. Karena dengan data yang baik, kita dapat mengidentifikasi peluang investasi, mengelola risiko, dan merumuskan kebijakan yang lebih efektif,” katanya.

BACA JUGA: Dana Keistimewaan Juga untuk Membantu Penanganan Sampah

Lebih lanjut dikatakan, investasi adalah salah satu pilar utama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. "Kami yakin bahwa data berkualitas adalah salah satu kunci kesuksesan dalam upaya meningkatkan investasi di wilayah kita," katanya.

Menurutnya, data lintas sektoral memungkinkan kita untuk melihat gambaran yang lebih lengkap dan komprehensif tentang potensi investasi di Kabupaten Purworejo. Data ini mencakup dari berbagai sektor seperti pertanian, industri, pariwisata, infrastruktur, pendidikan, dan lain-lain.

"Strategi ini dimulai dari pembuatan regulasi yang mendukung kebijakan statistik sektoral, proses bisnis yang baku dalam penyusunan data, penunjukan penanggung jawab pengelola data di setiap perangkat daerah sebagai produsen data, penyusunan data secara pentahelix dan kemudahan akses melalui portal Si Dalijo.

Kepala Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo Yudhie Agung Prihatno SSTP MM menerangkan, Si Dalijo ini mendukung terwujudnya data yang berkualitas dan mendukung pengembangan investasi, yang mana pemerintah daerah melakukan strategi data lintas sektoral yang saat ini difokuskan untuk mendukung pengembangan investasi di Kabupaten Purworejo.

"Hal ini dilatarbelakangi dengan kondisi Kabupaten Purworejo dengan adanya Bandara YIA, BOB,  Bendungan Bener dan rencana Pembangunan jalan tol. Oleh karena itu DinKominfostasandi menangkap peluang tersebut sebagai peluang besar, maka dengan data berkualitas yang mudah diakses dan dipahami, nantinya akan bertambah banyak investasi di Kabupaten Purworejo," ujar Yudhie. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gara-Gara Satu Pemilih DPTb, TPS 3 Kalipakis Bantul Terpaksa Pemungutan Suara Ulang

Bantul
| Sabtu, 24 Februari 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement