Advertisement

Diikuti 10.000 Lebih Pelari, Borobudur Marathon Bakal Menjadi Event Lari Standar Internasional

Media Digital
Minggu, 19 November 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Diikuti 10.000 Lebih Pelari, Borobudur Marathon Bakal Menjadi Event Lari Standar Internasional Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kedua dari kanan) saat Konferensi Pers Borobudur Marathon di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Sabtu (18/11/2023). - Istimewa

Advertisement

MAGELANGSebanyak 10.453 orang pelari bakal meramaikan Borobudur Marathon yang digelar di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (19/11/2023). Event tahunan ini akan diikuti oleh pelari baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Ini  menjadi event tahunan. Ke depan, kami harapkan akan semakin meningkat animo pesertanya. Harapannya ke depan akan menjadi event internasional," kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat Konferensi Pers Borobudur Marathon di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Sabtu (18/11/2023).

Advertisement

Saat ini, kata Nana, Borobudur Marathon merupakan event lari terbaik di tingkat nasional. Maka, pihaknya meminta agar penyelenggaraan ke depan bisa ditingkatkan ke level internasional, seperti Tokyo Marathon atau Berlin Marathon.  Untuk mewujudkannya, tentu penyelenggaraannya harus lebih profesional dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Dalam event ini, penyelenggara Borobudur Marathon adalah Bank Jateng bekerja sama dengan Kompas.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan pada kegiatan ini pihaknya menghadirkan Delegasi Teknis dari Asosiasi Marathon Dunia, Richard Welsh. Richard akan mengeveluasi semua persiapan dan penyelenggaraan Borobudur Marathon.

BACA JUGA: 10.000 Pelari Siap Terjun dalam Borobudur Marathon 2023

Dia bercita-cita Borobudur Marathon menjadi salah satu event atletik berlabel internasional. "Mengapa itu penting? Karena kami ingin meningkatkan Borobudur Marathon pada level standar internasional," kata Budiman.

Lebih lanjut, Budiman menyampaikan, kompetisi utama Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng terbagi menjadi tiga kategori, yakni 10 K, Half Maraton (21 K) dan Marathon (42 K).

Kategori 10 K diikuti 4.159 orang; Half Marathon 4.646 orang dan Marathon sebanyak 1.663 orang. Dengan begitu, total pelari yang bergabung sebanyak 10.453 orang. Dari seluruh jumlah peserta, 78 di antaranya merupakan pelari dari 24 negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Emosi karena Permintaan Tidak Dituruti, Pemuda 20 Tahun Membunuh Ayahnya di Sleman

Sleman
| Selasa, 23 Juli 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement