Advertisement

Dikunjungi Siti Atikoh Ganjar, Pemilik Pabrik Bulu Mata Srikandi di Purworejo Merasa Bangga

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 29 Desember 2023 - 04:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dikunjungi Siti Atikoh Ganjar, Pemilik Pabrik Bulu Mata Srikandi di Purworejo Merasa Bangga Siti Atikoh Supriyanti atau Atikoh Ganjar saat mendatangi pabrik bulu mata Srikandi, Winong Lor, Purworejo, Kamis (28/11 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO—Cipto Waluyo dan istrinya menempuh jalan berliku tatkala merintis Pabrik Bulu Mata Srikandi tahun 2012 lalu. Sebelas tahun kemudian, Cipto telah membawahi lebih dari 1.000 pekerja bahkan mendunia.

Rasa bangganya betambah saat pabriknya yang berada di Winong Lor, Purworejo kedatangan Siti Atikoh Supriyanti, Kamis (28/11/2023). Ratusan pegawai yang sedang bekerja membuat bulu mata palsu pun tersita perhatiannya dan langsung meraih ponsel untuk mengabadikan momen langka itu.

Advertisement

"Saya merasa bombong sekali, terhormat, kerawuhan Bu Siti Atikoh. Semoga membawa keberkahan," ucap Cipto menyapa istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo itu.

BACA JUGA: Ditemui Ganjar di Kompleks Kepatihan, Begini Penjelasan Sultan

Atikoh kemudian didampingi Cipto berkeliling menyapa ratusan buruh. Mereka terbagi ke sejumlah tahapan. Atikoh pun kagum dengan ketelitian para pegawai saat menyusun helaian rambut menjadi bulu mata palsu.

Selama mendampingi, Cipto menyampaikan bahwa Pabrik Bulu Mata Srikandi saat ini memiliki total 1.000 karyawan. Sebagian bekerja di pabrik, sebagian lagi memberdayakan kelompok ibu-ibu rumahan.

"Ini pemberdayaan ekonomi kerakyatan luar biasa, terutama (ibu-ibu) yang (bekerja) di rumah. Mereka bisa menyeimbangkan tugas sebagai ibu, tapi mereka tetap memiliki sumbangsih perekonomian di rumah," ucap Atikoh.

Mantan Ketua Dekranasda Jawa Tengah itu menuturkan, karya anak bangsa ini patut dibanggakan. Selain karena sudah diekspor dan mendunia, dampaknya juga bagus.

"Jadi potongan rambut yang asalnya dibuang begitu saja ternyata punya edit value yang tinggi. Limbah tapi punya nilai produktif dan ekonomi tinggi. Sangat kita support karena zero waste," tegasnya.

Di kesempatan itu, Atikoh berpesan pada buruh yang mayoritas perempuan. Utamanya agar bahagia dan sehat. "Kalau kita ingin negara tangguh dan hebat, maka perempuan-perempuannya harus bahagia, merdeka. Merdeka dalam menentukan sikap, merdeka dalam mencari pendidikan, merdeka dalam menentukan arah politik," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siap-Siap! BMKG Sebut Ada Potensi Hujan Ringan di Sleman dan Kulonprogo 2 Hari ke Depan

Jogja
| Jum'at, 20 September 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement