Advertisement

Bermanfaat Menjaga Sumber Air, Aren Ditanam di Kawasan Konservasi

Yosef Leon
Selasa, 06 Februari 2024 - 09:57 WIB
Sunartono
Bermanfaat Menjaga Sumber Air, Aren Ditanam di Kawasan Konservasi Aksi penanaman pohon Aren dilakukan di kawasan Desa Soronalan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pohon Aren menjadi salah satu flora yang dapat mendukung konservasi air. Pohon ini sering ditanam di wilayah yang menjadi objek konservasi, salah satunya di di Desa Soronalan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mengingat desa tersebut sering terjadi kesulitan air saat musim kemarau tiba lantaran debit air berkurang drastis. Oleh karena itu upaya penyelamatan mata air kemudian diwujudkan lewat penanaman pohon aren. 

Advertisement

BACA JUGA : Pengurus Baru FKSS Komitmen Lestarikan Sungai di Sleman

"Upaya konservasi sumber mata air di wilayah Desa Soronalan pada tahap pertama terbagi menjadi tiga titik yang berada di Dusun Belang dan Ngaglik. Pada tahapan selanjutnya akan diperluas ke seluruh lokasi yang ada di Desa Soronalan," kata Ketua Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan Polkesyo Naris Dyah Prasetyawati yang turut berkontribusi terhadap upaya menjaga kualitas air di desa tersebut, Senin (5/2/2024). 

Ia mengungkap dipilihnya pohon aren karena menyesuaikan kondisi di wilayah setempat. Pohon aren merupakan jenis tanaman tahunan yang berukuran besar. Pohonnya merupakan salah satu jenis dari kelompok tumbuhan palma yang memproduksi buah (kolang kaling), nira, dan pati (tepung) di dalam batangnya. 

Selain memiliki fungsi ekonomis, pohon aren juga memiliki fungsi ekologis seperti sebagai pengawet sumber daya alam terutama tanah. Akar serabut yang dimilikinya sangat kokoh, dalam, dan kuat sehingga memiliki fungsi penting bagi penahan erosi tanah dan mampu mengikat air. Pohon ini sangat potensial dimanfaatkan sebagai tanaman konservasi tanah dan air.

BACA JUGA : Perumda Tirta Gemilang Didorong Cepat Merespon Laporan Pelanggan

"Harapannya apa yang diupayakan saat ini akan dapat lestari dan memberikan banyak manfaat bagi semua pihak saat ini dan di masa yang akan datang. Kita jaga lingkungan di sekitar kita, maka lingkungan juga akan menjaga kita," katanya.

Ketua Tim Program Penanaman Pohon Ibnu Rois mengatakan pohon aren merupakan salah satu tanaman yang penting dalam menjaga kelestarian air dan menjaga tanah supaya tidak longsor pada musim penghujan. Selain mudah ditanam, aren sangat adaptif di lingkungan yang baru dan mampu bersaing dengan tanaman lainnya.

Kombinasi kemampuan penyimpanan cadangan air, penahan tanah, dan memiliki manfaat ekonomis menjadikannya pilihan yang sangat baik dalam konservasi dan pelestarian serta perbaikan lingkungan tandus. "Ada kemampuan unik yang dimiliki pohon aren, yaitu menyimpan cadangan air dalam batangnya dan memproduksi air nira. Air ini bermanfaat sebagai air minum dan bahan baku membuat gula merah," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Minggu 28 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement