Advertisement

Mata Kucing Dipasang di Jalan-Jalan Temanggung untuk Cegah Kecelakaan

Newswire
Kamis, 21 Maret 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Mata Kucing Dipasang di Jalan-Jalan Temanggung untuk Cegah Kecelakaan Seorang pekerja memasang paku jalan (mata kucing) di Jalan Soedirman Kabupaten Temanggung. ANTARA - Heru Suyitno

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Dinas Perhubungan (Dishub) memasang paku jalan atau mata kucing di Jalan Soedirman di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Perhubungan Dishub Kabupaten Temanggung Agus Setiyawan di Temanggung, Kamis, mengatakan pemasangan paku jalan ini merupakan salah satu persiapan untuk menyongsong mudik Lebaran.

Advertisement

Ia menyampaikan pemasangan 200 butir paku jalan ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas saat musim mudik Lebaran mendatang.

Pada tahun ini Dishub Kabupaten Temanggung mendapatkan bantuan berupa paku jalan sejumlah 200 butir. Dimana jumlah tersebut jika dialokasikan sepanjang kurang lebih tiga kilometer.

BACA JUGA: Ini Jadwal Lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Malam Ini Indonesia Lawan Vietnam

"Ini kolaborasi sinergitas antara pusat dan daerah. Kami mendapatkan berupa bantuan teknis, kami lakukan pemasangan paku jalan atau 'mata kucing; ini. Paku jalan berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan, terutama pada malam hari. Karena pada waktu malam 'mata kucing' itu ketika terkena sinar dari lampu akan memantulkan kembali cahayanya," kata Agus Setiawan.

Paku jalan ini merupakan perlengkapan jalan yang dilengkapi dengan pemantul cahaya reflektor berwarna putih yang dapat berfungsi dalam kondisi permukaan jalan kering maupun basah, khususnya saat cuaca gelap pada malam hari.

Ia menyampaikan dengan pemasangan paku jalan ini diharapkan kewaspadaan pengguna jalan meningkat. Artinya bahwa mempermudah pengguna jalan dalam mengetahui posisi kendaraan berada di lajurnya.

"Selain 'mata kucing', kami a juga mendapatkan bantuan teknis berupa Alat Pengendali Isyarat Lalu lintas (APIL) atau traffic light. Pada tahun ini kita mendapatkan tiga lokasi pemasangan APIL," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringatan BMKG: Waspada! Gelombang Tinggi di Samudra Hindia sampai Selat Sunda

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement