Advertisement

Lansia Jadi Prioritas Peroleh Layanan Kesehatan di Magelang

Nina Atmasari
Selasa, 26 Maret 2024 - 07:17 WIB
Sunartono
Lansia Jadi Prioritas  Peroleh Layanan Kesehatan di Magelang Penyuluhan Lansia di Aula Tidar Dudan, Kecamatan Magelang Selatan, Senin (25/3/2024). - Ist/Dok Prokompim Kota Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Masyarakat Lanjut Usia (lansia) merupakan salah satu sasaran prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang untuk mendapatkan pelayanan dasar dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Pemkot Magelang pun membuat program yang fokus pada pelayanan kesehatan bagi lansia, yakni pelayanan Siaga Among Raga (SIAMOR). Program gratis ini memfasilitasi layanan bagi para lansia yang membutuhkan kontrol rutin ke rumah sakit dengan menjemput, mendampingi selama proses pemeriksaan dan mengantarnya kembali sampai kerumah.

Advertisement

Selain itu, ada juga Jemput Sakit Antar Sehat (JSAS) yang merupakan program unggulan Wali Kota Magelang di bidang kesehatan. Kemudian, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat juga didorong untuk memelihara kesehatan lansia dengan program penyuluhan dan pemeriksaan (skrining) kesehatan bagi lansia di tingkat RT/RW setiap bulan.

BACA JUGA : Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

"Posyandu ini adalah kegiatan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat di bidang kesehatan. Tujuannya untuk memelihara kesehatan lansia," jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr. Istikomah, ada acara Penyuluhan Lansia di Aula Tidar Dudan, Kecamatan Magelang Selatan, Senin (25/3/2024).

Disampaikan dr. Istikomah, salah satu standar pelayanan minimal bidang kesehatan adalah layanan untuk lansia. Standarnya semua lansia rutin melakukan skrining kesehatan, contohnya yang dilakukan di Posyandu.

"Lansia itu cenderung menurun kesehatannya, (biasanya) ketemunya hipertensi, diabetes, penyakit jantung, lutut dan lain-lain yang bersifat kronis. Maka setiap bulan harus rutin memeriksakan diri. Supaya yang sehat tetap sehat, yang sudah ditemukan penyakit bisa diatasi dan dipelihara kesehatannya," paparnya.

Lebih lanjut, pelayanan kesehatan bagi lansia ini juga bertujuan untuk meningkatkan usia harapan hidup. Di Kota Magelang, usia harapan hidup sudah mencapai 77,04.

"Jadi supaya usia tidak hanya panjang tapi juga sehat dan berkualitas. Caranya dengan rutin kontrol, rutin berobat, manfaatkan program-program SIAMOR, JSAS, BPJS Kesehatan dan sebagainya," imbuhnya.

Wakil Wali Kota Magelang, KH. M. Mansyur mengemukakan, penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi para lansia. Lansia adalah kelompok masyarakat yang rentan terhadap penyakit sehingga perlu mendapat perhatian.

"Meskipun lansia, tetap harus sejahtera. Sejahtera itu perlu sehat. Maka ada Siaga Among Raga, program yang bagus dan sudah berjalan. Masyarakat kalau sakit tinggal menelepon 119, (ada petugas) yang jemput ke rumah sakit/puskesmas, kalau sudah diperiksa, sembuh, lalu diantar lagi ke rumah. Gratis," katanya.

BACA JUGA : Profesor Ikut Undur Diri, Layanan Kesehatan Korsel Makin Buntu

Atas komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, Pemkot Magelang mendapat penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik terbaik (Peringkat I) Nasional dari Ombudsman RI tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Ka Prameks Kutoarjo Jogja Hari Ini Selasa 16 April 2024

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement