Advertisement

Jaran Kepang Temanggung Bakal Pentas di Bundaran HI Jakarta

Newswire
Kamis, 02 Mei 2024 - 16:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jaran Kepang Temanggung Bakal Pentas di Bundaran HI Jakarta Para pelajar menari jaran kepang bersamadi Alun-Alun Temanggung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Pemerintah Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Kadang Temanggungan di Jakarta menggelar promosi kebudayaan dan pariwisata di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta pada Minggu, 12 Mei 2024.

"Untuk pementasan di Bundaran HI Jakarta itu kita akan gelar kesenian jaran kepang, yang notabene adalah budaya asli Temanggung," kata Penjabat Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (1/5/2024)

Advertisement

Pada kesempatan tersebut dipentaskan kesenian jaran kepang supaya orang Jakarta yang merupakan kumpulan dari warga dari berbagai daerah itu bisa melihat pentas budaya jaran kepang itu seperti apa.

"Tidak hanya di TMII, kalau di TMII dari kita untuk kita, kalau di HI itu dari kita untuk mereka," katanya.

Ia menuturkan selain kesenian tradisional jaran kepang, juga akan digelar UMKM Kabupaten Temanggung seperti kopi, kerajinan radio elektronik dari kayu juga dipamerkan di sana.

BACA JUGA: Seribu Pelajar Menari Jaran Kepang di Alun-Alun Temanggung

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana menyampaikan rencana memang Pemkab Temanggung akan mempromosikan kazanah kekayaan budaya dan objek pariwisata yang ada di Temanggung.

"Rencananya kita 'flashmop' di Bundaran HI, kesenian jaran kepang pada acara hari bebas kendaraan bermotor hari Minggu (12/5). Kita kerja sama dengan Forum Kadang Temanggungan yang ada di Jakarta menampilkan kesenian jaran kepang kemudian ada produk-produk wisata dan ekonomi kreatif misalnya tembakau, kopi dan produk ekonomi kreatif lainnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DKPP Bantul Klaim 128 Hektare Lahan Terserang Wereng Telah Teratasi

Bantul
| Rabu, 29 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement