Advertisement

Atasi Stunting, Setiap OPD di Temanggung Mengampu Satu Desa

Newswire
Sabtu, 01 Juni 2024 - 06:57 WIB
Ujang Hasanudin
Atasi Stunting, Setiap OPD di Temanggung Mengampu Satu Desa Ilustrasi penanganan stunting. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo mengatakan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung harus mengampu satu desa untuk mengatasi stunting. 

"Angka stunting kita cukup tinggi, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) ditahun 2024 kasus stunting di Kabupaten Temanggung masih di angka 25,1 persen," katanya.

Advertisement

Dengan masih tingginya angka stunting tersebut berbagai upaya dilakukan Pemkab Temanggung. Selain kolaborasi berbagai pihak melalui konvergensi antar program dari tingkat kabupaten hingga desa, Pemkab Temanggung juga menjalankan program setiap OPD di Temanggung mengampu satu desa atasi stunting.

Kemudian kalau tingkat kecamatan harus mengampu dua desa untuk bebas stunting.

"Silakan kepala OPD mengambil desa yang mana, mereka mengevaluasi semuanya dan berkoordinasi terus kepada tim stunting kabupaten untuk bisa melakukan bagaimana menggerakkan agar kasus stunting tidak ada lagi," katanya.

BACA JUGA: Peningkatan Pelayanan, Pemkab Temanggung Luncurkan Adminduk 0 Kilometer

Ia menyampaikan tugas dari OPD di level desa nanti mereka akan melakukan evaluasi, menjembatani, termasuk mendukung semuanya secara penuh terhadap anak-anak yang terkena stunting.

"Kalau memang perlu ada makanan tambahan kepala OPD punya tanggung jawab untuk memberikan makanan tambahan di luar yang telah dianggarkan dari Dinas Kesehatan atau dari BKKBN," katanya.

Ia menuturkan tahun ini mereka harus melakukan upaya penuh agar angka stunting di desa yang mereka ampu benar-benar nol, tidak ada stunting lagi.

"Hal ini dilakukan terus-menerus, dievaluasi terus-menerus sampai dengan Desember 2024. Supaya tidak lagi terjadi stunting baru. Kemudian tahun berikutnya akan kita lakukan evaluasi lagi," katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Layanan SIM di Bantul Tutup pada 17-18 Juni 2024

Bantul
| Sabtu, 15 Juni 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement