Advertisement

Mewah dan Megah, Peragaan Busana Ecoprint di Menara Langit Ketep Pass

Nina Atmasari
Jum'at, 26 Juli 2024 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Mewah dan Megah, Peragaan Busana Ecoprint di Menara Langit Ketep Pass Para model memeragakan busana ecoprint di Menara Langit Ketep Pass, Magelang, Kamis (25/7 - 2024). ist

Advertisement

Harianjogja.com, Magelang – Komunitas Ecoprint Ron Tinata bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, menggelar fashion show bertajuk Ecoprint Fushion di Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Kamis (25/7/2024).

Para model fashion show tersebut berlenggak-lenggok di atas Menara Langit Merapi Ketep Pass, dengan latar belakang kemegahan Gunung Merapi dan Merbabu.

Advertisement

Kabid Pemasaran dan Ekraf Disparpora Kabupaten Magelang Zumrotun Rini mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh para desainer ecoprint yang berasal dari Jawa Tengah, Jogja, serta Jawa Barat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam mendesain busana ecoprint," katanya.

Busana yang diperagakan juga dikompetisikan, dengan tujuan untuk menginspirasi para desainer, agar terus berpikir dan menciptakan inspirasi baru yang lebih inovatif untuk kemajuan ecoprint.

Kompetisi ini mengusung tema Ecoprint Fusion Harmony in Sustainable Fashion. Kegiatan ini sekaligus untuk menyampaikan pesan penting tentang keberlanjutan dan inovasi dalam industri fesyen.

“Apalagi dengan hadirnya ecoprint ini, pastinya dapat menjadi atraksi wisata yang menarik untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Magelang, serta memperkenalkan produk lokalnya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Festival Gedruk Sambut Pengunjung Ketep Pass Magelang

Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang Mulyanto mengatakan kegiatan tersebut penting sebagai upaya untuk mengenalkan karya ramah lingkungan kepada masyarakat dan mengajak untuk lebih peduli terhadap kelestarian alam dengan mengurangi penggunaan plastik pada proses ecoprint.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pariwisata. Juga menjadi penanda kolaborasi yang luar biasa antara Pemerintah Kabupaten Magelang dengan Komunitas Ecoprint Ron Tinata. Kami optimistis, sinergi ini bisa menjadi trobosan strategis dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Magelang," katanya.

Ia menuturkan dunia fesyen dalam lima tahun terakhir semakin menunjukkan arah ke penggunaan bahan atau material yang menggunakan unsur alami, salah satunya ecoprint. Ini perlu digelorakan.

"Ecoprint bisa menjadi salah satu alternatif bisnis yang bisa digeluti masyarakat. Tak hanya membuka lapangan kerja baru, tapi secara langsung juga berdampak pada peningkatan ekonomi di Kabupaten Magelang," tegasnya.

Lebih lanjut ia berharap seluruh desainer yang terlibat agar tidak lelah memasyarakatkan ecoprint sebagai karya yang ramah lingkungan. Kemudian mengembangkannya produk kain ecoprint untuk disulap menjadi busana kasual yang menarik dan berdaya saing tinggi di dunia fesyen.
Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso menambahkan adanya kegiatan ini diyakini dapat mendorong promosi destinasi wisata, khususnya Ketep Pass.

“Ini akan memberikan efek yang positif bagi kami selalu pengelola wisata. Karena dengan peserta dan pengunjung berfoto dan menampilkan lokasi di Ketep Pass, maka secara tidak langsung akan membantu promosi wisata Kabupaten Magelang yang indah, anggun, dan memesona seperti dengan desain ecoprint yang dipakai para model,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement