Advertisement

Program UII Mengabdi, Dosen Prodi Farmasi Gelar Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal di Magelang

Media Digital
Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Program UII Mengabdi, Dosen Prodi Farmasi Gelar Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal di Magelang Dosen Program studi Farmasi Universitas Islam Indonesia memberikan pelatihan kepada kelompok PKK Desa Bandungrejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tentang pembuatan minuman herbal siap konsumsi. - ist - UII

Advertisement

MAGELANG—Dosen Program studi Farmasi Universitas Islam Indonesia memberikan pelatihan kepada  kelompok PKK Desa Bandungrejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tentang pembuatan minuman herbal siap konsumsi.

Kegiatan ini menjadi bagian dari program UII Mengabdi yang merupakan  bentuk catur darma dosen  Universitas Islam Indonesia Yogyakarta kepada masyarakat. Program ini merupakan sumbangsih UII dalam bidang keilmuan atau alih teknologi dari perguruan tinggi ke masyarakat.

Advertisement

Desa Bandungrejo merupakan desa yang berada di daerah pegunungan dan memiliki suhu yang dingin, sehingga tanaman herbal berupa kunir, jahe  dan serai sangat melimpah di Desa Bandungrejo dan mudah dijumpai karena banyak ditanam di ladang-ladang perkebunan, dan   halaman rumah warga.

Potensi tersebut belum banyak termanfaatkan dengan baik oleh warga menjadi minuman siap saji yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan peningkatan ekonomi warga.

BACA JUGA: Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Wilayah DIY Jumat 16 Agustus 2024

Kegiatan pelatihan ini mendapat dukungan pendanaan di tahun 2024 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui skema kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul PKM bagi Kelompok PKK Desa Bandungrejo Kabupaten Jawa Tengah

Adapun dosen Farmasi UII  yang memberikan pelatihan tersebut, yaitu Dr.apt.Lutfi Chabib, S.Farm., M.Sc. sebagai ketua tim dengan di bantu oleh anggota tim pelaksana yaitu Imron Wahyu Hidayat, Herman Felani dan Melissa Fitri Andriyani. Kegiatan ini juga dibantu oleh dua mahasiswi dari Farmasi yang terlibat dalam proses pembuatan minuman herbal siap konsumsi ini.

Supriyati selaku perwakilan dari kelompok PKK Desa Bandungrejo mengucapkan banyak terima kasih kepada UII dan Kemdikbud Dikti karena dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan pengetahuan serta dapat menciptakan wirausaha baru khususnya anggota PKK  dalam mengolah tanaman herbal yang ada menjadi produk yang siap konsumsi dan layak jual, sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan menjadikan tubuh menjadi sehat.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini kelompok PKK desa Bandungrejo memiliki produk unggulan berupa minuman herbal siap saji yang dapat menjadi primadona minuman khas Desa Bandungrejo. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement