Advertisement

Pantau Pembelian Tembakau, Bupati Temanggung: Mudah-mudahan Hasil Panen Terserap Semua

Newswire
Kamis, 05 September 2024 - 13:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pantau Pembelian Tembakau, Bupati Temanggung: Mudah-mudahan Hasil Panen Terserap Semua Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo meninjau pembelian tembakau di gudang Nojorono. ANTARA - Heru Suyitno

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo bersama pejabat forum komunikasi perangkat daerah (Forkompimda) dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memantau pembelian tembakau di beberapa gudang di Temanggung.

"Hari ini saya bersama Forkompimda dan beberapa dinas terkait untuk mengecek pembelian tembakau pada masa panen kali ini di Kabupaten Temanggung, seperti di Nojorono, Wismilak, dan Djarum," katanya di Temanggung, Rabu.

Advertisement

Ia menyampaikan, berdasarkan pantauan saat ini pembelian tembakau untuk grade C dan D, nilainya bervariasi. Berdasarkan laporan dari Dinas Pertanian luas panen tembakau tahun ini sekitar 14.087 hektare dengan perkiraan produksi sekitar 9.438 ton.

Di gudang Nojorono pembelian tembakau tahun ini sekitar 100 ton, Wismilak sekitar 250 ton dan Djarum sekitar 4.000 ton, sedangkan Gudang Garam belum diketahui berapa jumlah pembeliannya karena masih tutup.

"Produktivitas di Temanggung sekitar 9.438 ton ini mudah-mudahan bisa terserap semua. Nanti malam kami kumpulkan semua grader dari beberapa perusahaan rokok dan nanti juga hadir asosiasi petani tembakau Indonesia (APTI) untuk diskusi bersama, karena ada satu perusahaan yang memang sampai saat ini belum membeli tembakau," katanya.

BACA JUGA: Petani Temanggung Minta Jaminan Kepastian Pembelian Tembakau oleh Pabrik

Ia menyampaikan kualitas panen tembakau tahun bagus , karena tidak ada curah hujan waktu panen.

"Harapan saya kepada pabrik hasil panen tembakau petani dibeli semuanya dan harga yang bagus sesuai dengan kualitas atas grade masing-masing," katanya.

Ia menyebutkan, di Noyorono grade C sekitar Rp70.000/kilogram, di Wismilak juga hampir sama, di Djarum agak tinggi sedikit di angka 70.000-75.000/kilogram.

Salah satu grader gudang Djarum Yopi Samiaji menyampaikan target tahun ini pembelian tembakau Djarum sekitar 4.000 ton, tetapi kalau keadaan barangnya masih bagus bakal menambah kuota.

"Tahun ini kualitas tembakau cukup bagus , tidak ada hujan , sekarang yang agak mengganggu adalah angin agak gede termasuk berpengaruh pada kualitas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement