Advertisement

Dekat Exit Tol Jogja Bawen, Terminal Tidar jadi Penghubung Destinasi Wisata Kota Magelang dan Sekitarnya

Media Digital
Senin, 07 Oktober 2024 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Dekat Exit Tol Jogja Bawen, Terminal Tidar jadi Penghubung Destinasi Wisata Kota Magelang dan Sekitarnya Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz saat menerima kunjungan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol. Risyapudin Nursin beserta jajarannya di Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang, Minggu (6/10 - 2024). Ist

Advertisement

KOTA MAGELANG–Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang tidak sekadar tempat transit atau naik-turun penumpang, akan tetapi jadi tempat edukasi dan gerbang menuju destinasi-destinasi wisata di Kota Magelang dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz usai menerima kunjungan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol. Risyapudin Nursin beserta jajarannya di Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang, Minggu (6/10/2024).

Advertisement

"Terminal Tidar yang sudah jadi ikon, ini dulu untuk transit, harapannya ke depan juga untuk tempat edukasi berkendara yang betul. Kita juga hubungkan ke tempat wisata khususnya di Kota Magelang dan sekitarnya," jelas Aziz.

Potensi wisata di Kota Magelang meliputi wisata religi, budaya, militer, sejarah (museum) itu merupakan daya tarik tersendiri. Ditambah dengan ragam kuliner khas, seperti Kupat Tahu, Sop Senerek dan sebagainya.

Dikatakan Aziz, exit tol Yogyakarta-Bawen yang rencananya akan dibuka di sekitar Terminal Tidar juga menjadi nilai tambah. Masyarakat akan lebih mudah mengakses tempat-tempat wisata, dan daerah tujuan lainnya.

"Adanya exit tol, jadi nilai tambah, jadi "pintu" ke tempat wisata-wisata pakai angkutan khas, misalnya mobil VW. Jadi lebih efektif ketika dalam satu jalur bisa ke banyak titik tujuan," imbuh Aziz.

Hal penting lainnya, keberadaan Terminal Tidar ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya, yakni peningkatan pendapatan melalui aktivitas perdagangan maupun orang-orang yang bekerja di terminal.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol. Risyapudin Nursin mengapresiasi pelayanan khusus wisata di Terminal Tidar ini sebagai inovasi yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya menyambut baik pelayanan Terminal Tidar ini, khusus wisata, dan pelayanan-pelayanan berbasis digital, yang bisa digunakan oleh masyarakat," katanya.

Doni Amir Nurrokhim, Bagian Pelayanan Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang menjelaskan, masyarakat atau wisatawan bisa memanfaatkan layanan wisata ini dengan memesan tiket secara online di website Terminal Tidar.

Ada banyak paket yang ditawarkan dan dipilih oleh wisatawan dengan harga bervariasi. Ada paket city tour atau khusus berkeliling Kota Magelang, ada juga paket plus sampai ke sekitar Kota Magelang seperti ke Candi Borobudur.

"Wisatawan akan diantar menggunakan mobil VW, ada 8-10 unit yang disediakan. Rutenya (City Tour) dari Terminal Tidar, Artos Mal, Kebun Raya Gunung Tidar, Alun-alun, TKL Ecopark, Museum Bakorwil, Museum Sudirman dan lainnya," jelasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: Gizi yang Baik untuk Anak Tak Harus Mahal

Sleman
| Selasa, 08 Oktober 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement