Advertisement

Kembangkan Pariwisata Pegiat Wisata Kabupaten Magelang Kompak Berembug

Media Digital
Kamis, 24 Oktober 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Kembangkan Pariwisata Pegiat Wisata Kabupaten Magelang Kompak Berembug Rapat Komunitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Sosialisasi Logo dan Tagline Melanglang Magelang di di Kantor Tourism Information Center Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (24/10/2024). - Sirojul Khafid

Advertisement

MAGELANG—Puluhan pegiat pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Magelang berkumpul bersama. Dalam kegiatan ini, tercapai kesepakatan para insan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mempromosikan tagline Melanglang Magelang guna mendongkrak promosi wisata Kabupaten Magelang.

Kegiatan bertajuk Rapat Komunitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Sosialisasi Logo dan Tagline Melanglang Magelang merupakan inisiasi dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang.

Advertisement

Sekretaris Disparpora Kabupaten Magelang, Ari Kuswardani, mengatakan kumpul dan rembug bersama ini untuk menampung semua ide, masukan, hingga rancangan-rancangan program ke depan bagi Magelang.

Seluruh masukan dari pelaku maupun perhimpunan wisata nantinya menjadi pembahasan di rancangan peraturan daerah (raperda) Kabupaten Magelang. "Wisata ada wadahnya di raperda, tetap diupayakan semaksimal mungkin, untuk program yang akan berlaku mulai 2025-2034. Program perlu semakin disempurnakan. Ruang diskusi ini menjadi peluang meracik ide, serta masukan untuk menambah program yang ada di Magelang," kata Ari dalam kegiatan yang digelar di Tourism Information Center Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (24/10/2024) tersebut.

Di momen ini pula, Disparpora Kabupaten Magelang mengajak semua pegiat wisata untuk turut mempromosikan tagline Melanglang Magelang.

Logo tagline tersebut berupa stupa Candi Borobudur. Dengan segala aset yang potensial, maka perlu kerja sama segala pihak untuk mempromosikan Melanglang Magelang. "Sejak logo dan tagline Melanglang Magelang dirilis pada Juli 2024 lalu, apabila pegiat wisata ada acara, bisa membantu memasarkan dan menyosialisasikan Melanglang Magelang," katanya. 

Disparpora Kabupaten Magelang tidak bisa berjalan sendiri, termasuk dalam mengembangkan wisata.

Dengan kolaborasi sesuai kekuatannya masing-masing, maka potensi pengembangan dan pemajuan wisata akan semakin besar. Pada akhirnya nanti, kemajuan wisata di Magelang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Sinergi dan Hidupkan Lagi Festival 

Para pegiat wisata yang datang berasal dari banyak kalangan, mulai dari pengelola hotel, pengelola homestay, pelaku usaha kecil menengah, perajin, pengurus asosiasi wisata, hingga pelaku wisata minat khusus.

Salah satu pengamat pariwisata, Habib Sholeh, mengapresiasi pembuatan logo dan tagline Melanglang Magelang.

Melanglang bisa berarti berkeliling atau mengembara. Artinya wisatawan tidak hanya berlibur ke satu destinasi, tetapi harapannya bisa ke banyak tempat di Magelang.

Dengan konsep ini, Habib merasa perlu adanya sinergi pelaku wisata. "Enggak zamannya lagi antarpelaku wisata saling menjelekkan, justru semua destinasi wisata perlu kerja sama. Peran Disparpora Kabupaten Magelang penting di sini," katanya. 

Peserta lainnya, General Manager Artos Hotel & Convention Magelang, Sugeng Sugiantoro, mengatakan Magelang memiliki banyak potensi wisata.

Dia merasa perlu penguatan secara internal, berupa pendataan ulang potensi wisata unggalan di Magelang. "Tentang pendataan ulang, misalnya produk yang luar biasa potensial bisa disinergikan. Tidak boleh ada saingan antarpribadi. Apabila suatu destinasi terkenal, maka semua juga akan menikmati," katanya. 

Sementara itu, pelaku wisata minat khusus arum jeram, Prayitno, menganggap penting dan mendesaknya keberadaan festival di Magelang. Dengan semakin banyak festival dengan berbagai tema, maka banyak pelaku wisata yang akan terdampak secara positif. "Wajib untuk mengadakan festival di segala lini dihidupkan kembali. Harapannya ekonomi semakin bergerak.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2024, Yakkum Luncurkan Buku Panduan Terkait Desa Ramah Kesehatan Jiwa

Sleman
| Kamis, 24 Oktober 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement