Advertisement

Tokoh Lokal Terafiliasi Paslon, KPU Tarik Perumus Debat dari Luar Daerah

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 26 Oktober 2024 - 11:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tokoh Lokal Terafiliasi Paslon, KPU Tarik Perumus Debat dari Luar Daerah Ketua KPU Magelang, Ahmad Rofik (tengah), dalam media gathering, Jumat (25/10 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG– Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Magelang segera akan menggelar Debat Publik (terbuka) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Magelang 2024. Sebelum debat dilaksanakan, KPU terlebih dahulu membentuk tim perumus dan panelis.

Masing-masing tim, terdiri empat orang. Untuk tim perumus, terdiri dari Andre Rahmanto, Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS), Syarief Aryfaid, Direktur Lembaga Strategi Nasional (LSN) Yogyakarta yang juga Ketua Alumni Pembangunan Masyarakat Desa (Kapemda) STPMD APMD Yogyakarta, Galang Taufani, Advokat/Konsultan serta Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Dr Riana Mashar, Dosen FKIP Universitas Ahmada Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Advertisement

BACA JUGA: KPU Kulonprogo Uji Publik Materi Debat Pilkada 2024

Sedang Tim Panelis, terdiri dari Dr Titi Anggraini, Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Dr Joash Elisha Stephen Tapiheru, Dosen Universitas Gajah Madha (UGM), Dr Sukarjo Waluyo, Ketua Departemen Susastra FIB Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Wasingatu Zakiyah dari LBHKHI UGM yang juga expert team for Integrity of political party at region in Indonesia (USAID).

“Sesuai masukan tim perumus dan kesepakatan bersama kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang, kami akan melaksanakan dua kali debat. Debat Publik putaran I, akan dilaksanakan Senin, 28 Oktober 2024. Sedang Putaran II, akan dilaksanakan pada Rabu, 13 November 2024," ungkap Ketua KPU Magelang, Ahmad Rofik, dalam media gathering, Jumat (25/10/2024)

 “Baik tim perumus maupun tim panelis, sengaja kami ambil dari luar Kabupaten Magelang, dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, masukan-masukan yang diberikan untuk debat terbuka nanti, benar-benar objektif dan independent. Sebenarnya kami akan mengambil beberapa tokoh dari lokal Magelang, tapi setelah kami evaluasi, ternyata mereka sudah terafiliasi dengan salah satu paslon bupati dan wakil bupati,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada Bantul, Sortir dan Lipat Surat Suara Kelar

Bantul
| Sabtu, 26 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement