Advertisement

Temanggung Digelontor Rp16 miliar untuk Percepatan Konektivitas Jalan Daerah

Newswire
Kamis, 28 September 2023 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Temanggung Digelontor Rp16 miliar untuk Percepatan Konektivitas Jalan Daerah Jalan Raya - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah digelontor dana Rp16 miliar dari Program Inpres APBN untuk percepatan penanganan konektivitas jalan daerah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung Hendy Wahyu Noerhidayat di Temanggung, Rabu, mengatakan Inpres Nomor 3 Tahun 2023 adalah dari APBN kemudian dikerjakan oleh satker (satuan kerja) dari APBN juga. "Jadi kami hanya akan menerima hibah barang yang sudah jadi saja," katanya.

Advertisement

Ia menjelaskan anggaran tersebut untuk penanganan longsoran jalan di Tlogowungu Kecamatan Kaloran, kemudian pelebaran jalan di Pengilon arah Wonosari dan betonisasi di Wonotirto.

Menurut dia, tahun 2023 arahnya memang penanganan longsoran jalan di Tlogowungu, karena memang di sana sudah dua kali longsor.

"Pernah ditangani dan longsor lagi, karena dengan anggaran APBD kabupaten yang sedikit sehingga penanganannya tidak sempurna dan melalui program Inpres dengan anggaran cukup besar untuk memastikan tidak akan longsor lagi," katanya.

BACA JUGA: Direncanakan sejak 2021, Normalisasi Tanjakan Ekstrem di Gunungkidul Belum Juga Terealisasi

Hendy menyebutkan progres pembangunan longsoran jalan di Tlogowungu sekarang sekitar 35%, fondasinya sudah dicor dengan fondasi beton bertulang, kemudian untuk drainase baru sampai di galian, kontrak sampai 31 Desember 2023.

Ia menyampaikan Kabupaten Temanggung sudah dua tahun mendapat anggaran Inpres tersebut, yakni tahun 2022 dan 2023. Tahun 2022 Temanggung mendapat Rp17 miliar untuk pelebaran jalan mulai dari Ngadirejo sampai dengan Jumprit.

"Jadi jalan Ngadirejo-Jumprit dengan panjang sekitar enam kilometer yang semula dengan lebar empat meter, sekarang sudah menjadi enam meter. Fokusnya penanganan jalan menuju ke kawasan wisata, terutama di wilayah Jumprit," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024, Ini Lokasi dan Waktunya

Bantul
| Kamis, 09 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement