Advertisement

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, SPBU di Temanggung Ditera Ulang

Newswire
Sabtu, 30 Maret 2024 - 10:17 WIB
Ujang Hasanudin
Cegah Kecurangan Pengisian BBM, SPBU di Temanggung Ditera Ulang Petugas Dinperindag dan kepolisian Temanggung melakukan tera ulang di SPBU Kranggan. ANTARA - Heru Suyitno

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Sejumlah SPBU di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ditera ulang oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung bersama Polres Temanggung. Tera ulang tersebut untuk mencegah kecurangan dalam penjualan bahan bakar minyak.

Kepala Unit Tindak Pidana Tertentu Satreskrim Polres Temanggung Ipd Purbo Tri Wiyoso di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan melalui kegiatan ini pengelola SPBU agar menjual bahan bakar minyak sesuai takaran dan untuk mengantisipasi kecurangan yang dilakukan saat pengisian.

Advertisement

Ia menyampaikan tera ulang di SPBU ini untuk mencegah adanya pengelola nakal yang mempermainkan mesin pompa BBM untuk mencari keuntungan lebih banyak.

“Kami mengecek produk BBM seperti pertalite, pertamax dan solar yang keluar dari mesin pompa sesuai takaran,” katanya.

BACA JUGA: Puluhan Kilogram Bubuk Petasan Disita Polres Temanggung

Polres mengimbau pengelola SPBU untuk memasang poster ataupun spanduk masyarakat melek metrologi. Pihaknya juga memberikan peringatan kepada SPBU Bengkal, Kecamatan Kranggan agar memperbaiki indikator digital dispenser yang angkanya kurang jelas.

Penera Ahli Madya Dinkopdag Temanggung Suyoto mengatakan tera ulang ini meliputi pengecekan tanda teranya, kunci segel, serta pengujian volumenya dengan menuangkan minyak sebanyak 20 liter pada alat bejana ukur. Dalam hasil tera ulang ini, SPBU yang diuji menjual produk BBM sesuai takaran dan juga harga.

“Selain di SPBU, kegiatan tera ulang ini juga akan dilakukan di Pertamina shop atau pertashop,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement