Advertisement

Petani Tembakau di Temanggung Dapat Bantuan Bibit Gratis

Newswire
Rabu, 24 April 2024 - 09:37 WIB
Ujang Hasanudin
Petani Tembakau di Temanggung Dapat Bantuan Bibit Gratis Ilustrasi lahan pertanian tembakau / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyediakan bantuan gratis bibit tembakau sebanyak 100-120 kilogram (kg) untuk petani pada masa tanam 2024.

Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan DKPPP Kabupaten Temanggung Sumarno di Temanggung, Selasa (23/4/2024), menyampaikan bantuan bibit tembakau tersebut untuk tanaman tembakau unggulan lokal, khususnya kemloko 1, 2, 3, 4, 5 dan kemloko 6.

Advertisement

"Benih tembakau itu diberikan gratis kepada petani/kelompok tani yang mengajukan kepada DKPPP Kabupaten Temanggung, kami layani untuk mereka yang datang dengan rekomendasi dari teman-teman PPL yang ada di kecamatan," katanya.

Ia menyampaikan mekanisme untuk mendapatkan bantuan, teman-teman kelompok tani bisa mengajukan ke dinas melalui penyuluh sehingga bisa terkawal oleh teman-teman yang ada di lapangan.

"Biasanya mereka membawa surat pengantar kepada dinas, kemudian nanti di sini kita layani sesuai dengan permintaan yang diajukan," katanya.

BACA JUGA: Sedoeloer Kopi, Menjaga Harum Temanggung Sampai di Berbagai Penjuru Indonesia

Ia menuturkan sampai saat ini tercatat ada 32 kg yang sudah tersalurkan kepada petani/kelompok tani. Kemudian pada Selasa ini masih ada permintaan dari kelompok tani dari Desa Kemloko Kecamatan Tembarak.

"Untuk daerah utara seperti Kecamatan Tretep saat ini sudah menanam tembakau, sedangkan untuk daerah selatan seperti Kecamatan Tembarak, masih menebar benih," katanya.

Menurut dia, luas tanaman tembakau untuk Kabupaten Temanggung masih tetap tinggi hanya saja memang terjadi penurunan luas tanam, yakni tahun 2021 seluas 18.300 hektare, tahun 2022 sekitar 16.000 hektare, dan tahun 2023 seluas 14.700 hektare.

"Ada penurunan dan nampaknya bergeser ke tanaman hortikultura khususnya sayuran, utamanya cabai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TPA Piyungan Ditutup, TPS3R di Tingkat Kalurahan di Bantul Kebanjiran Pelanggan

Bantul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement