Advertisement

Musim Tanam Dimulai, Petani Temanggung Gelar Tradisi Wiwit Tembakau

Newswire
Sabtu, 04 Mei 2024 - 21:17 WIB
Ujang Hasanudin
Musim Tanam Dimulai, Petani Temanggung Gelar Tradisi Wiwit Tembakau Ribuan petani di Temanggung berkumpul di Alun-Alun Kabupaten Temanggung untuk mengikuti tradisi wiwit tanam tembakau. ANTARA - Heru Suyitno

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Ribuan petani di Kabupaten Temanggung mengikuti tradisi wiwit tanam tembakau di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, seiring dengan dimulainya musim tanam tembakau 

Penjabat Bupati Temanggung Agung Hari Prabowo di Temanggung, Sabtu, menyampaikan tembakau merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Temanggung karena kontribusinya yang tinggi terhadap pendapatan para petani.

Advertisement

Pada tradisi wiwit tanam tembakau tersebut para kelompok tani membawa bucu (tumpeng nasi gurih) beserta lauk-pauknya.

Ia menyampaikan tembakau sebagai komoditas unggulan tersebut dapat mendorong terciptanya keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif. Tembakau Kabupaten Temanggung memiliki spesifikasi rasa, aroma, tekstur, yang khas dan merupakan bahan baku dalam pembuatan rokok kretek di Indonesia.

Tembakau mampu memberikan kesejahteraan yang luar biasa ketika panen raya musim tembakau tiba. Daerah basis tembakau di Kabupaten Temanggung tersebar di 13 kecamatan.

BACA JUGA: Petani Tembakau di Temanggung Dapat Bantuan Bibit Gratis

Sedangkan secara geografis wilayah penghasil tembakau di Kabupaten Temanggung meliputi wilayah sekitar Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

Begitu penting arti tembakau bagi masyarakat Temanggung tentunya akan membawa pola atau perilaku budaya masyarakat yang didasarkan pada pertanian tembakau, salah satunya adalah tradisi wiwit tembakau yang dilaksanakan pada pagi hari ini.

Ia menuturkan upacara wiwit tembakau ini tidak hanya sekadar acara untuk menunjukkan rasa syukur, ada banyak nilai di dalamnya yang terus dilestarikan oleh warga seperti kerukunan dan kebersamaan.

Ketua panitia wiwit tembakau yang juga Penjabat Sekda Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo menyampaikan diselenggarakan kegiatan ini untuk melestarikan adat budaya yang ada di Temanggung yang sudah dilaksanakan dahulu kala sejak nenek moyang, cuma beberapa tahun ini pelaksanaannya dipusatkan di Kabupaten Temanggung.

"Kemudian untuk menjaga kearifan lokal, semangat gotong royong dan kebersamaan seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung," katanya.

Ia menyampaikan tujuan dari wiwit tanam tembakau ini adalah untuk memanjatkan doa bersama agar seluruh rangkaian kegiatan pertembakauan sejak tanam sampai nanti panen hasilnya baik dan juga harganya semakin baik.

Agus menuturkan wiwit tanam tembakau ini diikuti oleh seluruh kelompok tani di wilayah Kabupaten Temanggung ada 700 kelompok tani dan yang hadir sekitar 7.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hewan Kurban di Wilayah Bantul Sehat dan Aman Dikonsumsi, Segini Harganya

Bantul
| Rabu, 29 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement