Advertisement

Kebangpol Temanggung Bersama Sejumlah Elemen Mahasiswa Gelar Ikrar Pilkada Damai

Newswire
Senin, 28 Oktober 2024 - 19:57 WIB
Ujang Hasanudin
Kebangpol Temanggung Bersama Sejumlah Elemen Mahasiswa Gelar Ikrar Pilkada Damai Kesbangpol Temanggung membangun sinergi untuk pilkada damai dengan menggalang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Temanggung, Jawa Tengah, Senin (28/10/2024). ANTARA - Heru Suyitno

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG— Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengundang sejumlah organisasi masyarakat dan mahasiswa dalam forum diskusi mengenai pembentukan Rumah Kebangsaan Cipayung Plus di daerah setempat untuk mewujudkan pilkada damai.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Temanggung Joko Prasetyono di Temanggung, Senin, menjelaskan bahwa acara tersebut bertujuan untuk memfasilitasi interaksi sosial dan pengumpulan ide dari masyarakat dan mahasiswa.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut dibacakan ikrar Cipayung Plus dan dilaksanakan deklarasi untuk pilkada damai.

Joko mengatakan bahwa pertemuan tersebut melibatkan organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Kasat Intel Polres Temanggung AKP Himawan Sutanto memandang penting pembentukan Cipayung Plus sebagai upaya antisipatif terhadap dinamika sosial di tengah masyarakat.

"Kami perlu saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mengatasi hambatan yang mungkin terjadi di pemerintahan dan birokrasi," katanya

Dandim 0706/Temanggung Letkol Inf. Sriyono mengemukakan bahwa hari ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum penting untuk mendorong pemuda mengembangkan potensi mereka demi kemajuan bangsa.

"Kita harus mendukung proses pilkada agar berlangsung aman dan damai," katanya.

BACA JUGA: Tokoh Lokal Terafiliasi Paslon, KPU Tarik Perumus Debat dari Luar Daerah

Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menuturkan bahwa Cipayung Plus adalah unsur komunitas yang signifikan dan harus diwadahi dalam gerakan bersama untuk menyampaikan kritik serta saran kepada pemerintah.

Ia menyebutkan sekitar 53,12 persen dari populasi adalah milenial dan Gen Z yang merupakan angkatan kerja terbesar pada tahun 2028—2031.

"Jika mereka tidak dipersiapkan dengan baik, Indonesia Emas 2045 bisa gagal tercapai," katanya.

Ia menekankan pentingnya menjaga kondusivitas di Temanggung menjelang Pilkada 2024.

"Siapa pun pemimpinnya nanti, kita harus bersatu demi kemajuan daerah," katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat mendorong sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, ormas, dan generasi muda dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Kabupaten Temanggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelantikan Pengurus PW DIY, Gus Nabil Haroen Instruksikan Pendekar Pagar Nusa Rutin Sowan Kiai

Bantul
| Senin, 28 Oktober 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement