Advertisement

Pengurus PWI Kabupaten Magelang Dilantik, Siap Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik

Abdul Hamied Razak
Minggu, 21 Januari 2024 - 12:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pengurus PWI Kabupaten Magelang Dilantik, Siap Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang Periode 2024-2027, Sabtu (20/1 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang Periode 2024-2027 resmi dilantik di Gedung Bank Bapas 69 Pusat, Mertoyudan, Sabtu (20/1/2024). Pelantikan susunan pengurus ditetapkan usai konferensi dan laporan pertanggungjawaban PWI Kabupaten Magelang Periode 2020-2023 lalu.

Untuk diketahui, Ketua PWI Kabupaten Magelang periode 2024-2027 diisi oleh Nina Atmasari dari Harian Jogja menggantikan Bagyo Harsono dari Kedaulatan Rakyat periode kepengurusan PWI Kabupaten Magelang 2020-2023. 

Advertisement

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo-Gibran Mencapai 50,2 Persen di Survei EPI Center

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Direktur PT. BPR Bank Bapas 69 (Perseroda) Kabupaten Magelang, Rohmad Widodo, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Shaleh, dan segenap tamu undangan.

Bupati Magelang Zaenal Arifin, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Ketua PWI Kabupaten Magelang dan seluruh anggota yang dilantik pada hari ini, dan mengucapkan apresiasi kepada Ketua PWI sebelumnya yang telah menjabat hampir 2 periode masa jabatan. 

Zaenal Arifin menyampaikan, PWI selama ini telah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dengan baik serta turut mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kabupaten Magelang sekaligus turut mensosialisasikan hasil pembangunan tersebut kepada masyarakat.

"Tanpa dukungan insan pers, maka, apa yang telah menjadi program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Magelang tidak akan tersampaikan kepada masyarakat. Oleh karena itu, sinergi dan kolaborasi menjadi satu hal yang penting untuk terus ditingkatkan" kata Zaenal. 

Melalui pelantikan ini, Zaenal mengajak kepada para pengurus dan anggota PWI Kabupaten Magelang yang baru, untuk memaknai momentum yang sangat strategis bagi PWI untuk membangun konsolidasi, evaluasi, penguatan kelembagaan, menyamakan persepsi dan merumuskan pokok program kerja ke depan, melalui peningkatan kinerjanya dalam upaya mengembangkan profesionalisme para insan pers. 

Menurutnya di pundak para pengurus dan segenap anggotalah (PWI) terpikul beban yang tidak ringan, namun mulia, untuk itu, guna mencapai tujuan tersebut, maka organisasi PWI ini di tuntut untuk tetap eksis dalam mencari data yang akurat serta informasi yang kredibel dan berimbang, yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Saya berharap, agar jajaran Pengurus PWI Masa Bhakti 2024-2027, dapat terus menjalin komunikasi dan sinergitas dalam membangun Kabupaten Magelang" harapnya.

Sementara, Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud mengataka dengan terpilihnya Nina Atmasari maka ini adalah ketua PWI Kabupaten/Kota perempuan pertama di Jawa Tengah. “Tidak mungkin tidak, daerah lain bisa mengikuti,” katanya.

BACA JUGA: Tak Ada Perubahan Format Debat Cawapres

Ia mengatakan wartawan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesinya di lapangan, ini sangat penting karena belakangan kode etik sudah kerap diabaikan.

Ia berharap, teman-teman wartawan untuk terus mengasah pemahaman tentang etika jurnalistik dan jangan berhenti menggalang terus forum-forum dan jangan sungkan-sungkan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang akan mempertajam kode etik jurnalistik. 

"Saya pesan kepada teman-teman, berikan respek yang baik kepada mitra-mitra kita, dengan menegakkan profesi dan kode etik jurnalistik," pesan Amir.

Ketua PWI Kabupaten Magelang periode 2024-2027, Nina Atmasari menyampaikan, di era kepemimpinannya ia akan berkomitmen untuk terus mendorong profesionalisme para wartawan anggota PWI Kabupaten Magelang, di antaranya dengan mendorong untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“UKW menjadi tolak ukur profesionalisme wartawan, saat ini baru sekitar 65% anggota PWI Kabupaten Magelang yang sudah punya sertifikat UKW. Ke depan kami akan mendorong agar yang belum, segera UKW Muda, yang sudah Muda didorong untuk Madya, dan yang sudah Madya didorong untuk Utama, sehingga nantinya semua wartawan PWI Kabupaten Magelang sudah kompeten,” katanya.

Selain itu ia juga akan mendorong peningkatan kapasitas wartawan untuk meningkatkan kualitas produk jurnalistik. Seperti yang sudah dilakukan pada tahun 2023 yaitu mengadakan pelatihan jurnalistik lanjutan dengan materi Cek Fakta dan Estetika Jurnalistik dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Magelang. “Ke depan kami berharap bisa menggelar peningkatan kapasitas serupa dengan materi yang disesuaikan perkembangan zaman,” katanya.

Adapun susunan pengurus PWI Kabupaten Magelang periode 2024-2027 diisi oleh Ketua Nina Atmasari dari Harian Jogja, Sekretaris Dhimas Agus Purnomo dari Radio FastFM dan Bendahara Naila Nihayah dari Radar Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Bantul Senin 29 April 2024

Bantul
| Senin, 29 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement