Advertisement

Peringati HPN, Insan Pers Tanam Pohon di Objek Wisata Air Kalibening Magelang

Nina Atmasari
Minggu, 25 Februari 2024 - 18:57 WIB
Ujang Hasanudin
Peringati HPN, Insan Pers Tanam Pohon di Objek Wisata Air Kalibening Magelang Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis menanam pohon dalam peringatan HPN 2024 di Taman Wisata Air Kalibening, Secang, Sabtu (24/2/2024). - Ist/dok PWI Kabupaten Magelang.

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG-- Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang melaksanakan tanam pohon dan tebar benih ikan, yang sudah menjadi tradisi peringatan HPN.

Puncak peringatan HPN 2024 di Kabupaten Magelang dilaksanakan di Taman Wisata Air Kalibening, Secang, Sabtu (24/2/2024). Destinasi milik Pemerintah Kabupaten Magelang ini menjadi salah satu wahana wisata air yang kini sedang dikembangkan dengan sejumlah fasilitas baru.

Advertisement

Ketua PWI Kabupaten Magelang, Nina Atmasari menjelaskan HPN yang jatuh pada 9 Februari bisa diperingati dengan berbagai cara. PWI Kabupaten Magelang mempunyai tradisi merayakan HPN dengan kegiatan pelestarian alam, yaitu tanam pohon, tebar benih ikan dan melepasliar burung ke alam bebas.

"Pers memiliki fungsi informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial. Kegiatan HPN yang dilaksanakan ini merupakan penerapan fungsi pers untuk media informasi dan edukasi," katanya.

Ia menjelaskan PWI Kabupaten Magelang konsisten melestarikan alam sebagai bentuk peringatan HPN. Pada peringatan sebelumnya, PWI pernah menanam pohon di Jurang Jero lereng Merapi, Srumbung, kemudian di objek wisata Telomoyo, Ngablak.

BACA JUIGA: Peringati HPN, Harian Jogja Salurkan Tali Asih untuk Insan Pers

Dua tahun sebelum ini, PWI bekerja sama dan mendapat dukungan dari PDAM Kabupaten Magelang melaksanakan tanam pohon dan lepas ikan di kawasan mata air yang dikelola PDAM, yaitu mata air Ndas Gendhing, Mertoyudan dan Tuk Air Semaren, di Sawangan.

“Tahun ini kami mengambil lokasi di objek wisata air Kalibening, harapannya kegiatan wartawan mendukung promosi objek wisata sehingga meramaikan kunjungan,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam kegiatan pelestarian alam ini, PWI mendapatkan dukungan dari stakeholder yang memiliki perhatian yang sama dalam pelestarian alam, di antaranya Pemerintah Kabupaten Magelang beserta BUMD yang ada yaitu Perumda Air Minum Tirta Gemilang, PT BPR Bank Bapas 69, dan Ketep Pass. Selain itu juga Kementerian Agama WI, Polresta Magelang dan Kejaksaan serta dari sektor swasta ada Alfamart.

Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis mengapresiasi wartawan yang memberikan kontribusi positif bagi wilayahnya, yaitu menjaga kelestarian alam dari kerusakan dan permasalahan lingkungan.

“Tema HPN tingkat Kabupaten Magelang PWI Sinambung,Magelang Subur’, agar bisa meningkatkan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan. Karena, dengan pelestarian alam akan menumbuhkan rasa cinta kita kepada lingkungan,” kata Asfuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kenalkan Pariwisata Sleman Lewat Event Lomba Tari

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement