Advertisement

Semua OPD di Temanggung Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Daerah

Newswire
Selasa, 20 Agustus 2024 - 10:57 WIB
Ujang Hasanudin
Semua OPD di Temanggung Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Daerah Ilustrasi kartu kredit. - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG—Sebanyak 76 organisasi pemerintah daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung telah menggunakan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD) berbasis QRIS untuk belanja daerah

"Kalau di pemda yang lain yang sudah mengimplementasikan, belum semua OPD menggunakan kartu kredit Indonesia (KKI) berbasis QRIS , biasanya mereka hanya empat atau lima OPD," kata Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri, dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Ony Suharsono pada peluncuran dan sosialisasi pembangunan KKPD di Temanggung, Senin.

Advertisement

Ia menyampaikan kalau di Kabupaten Temanggung ini dari awal, pertama kali mulai dari peluncuran ini seluruh OPD langsung menggunakan KKI berbasis QRIS.

Pemkab Temanggung bekerja sama dengan Bank Jateng melakukan peluncuran KKI yang berbasis QRIS. Jadi KKI itu adalah amanah Permendagri Nomor 79 tahun 2022 dimana belanja modal dan belanja jasa itu harus menggunakan kartu kredit.

"Harapan kami, pertama adalah bentuk dukungan Bank Jateng terhadap pelaksanaan digitalisasi pemerintahan daerah, kemudian juga dengan transaksi yang berbasis KKI ini bisa meningkatkan tata kelola , pertanggungjawaban dari Pemkab Temanggung menjadi lebih baik," katanya.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Selegram Temanggung yang Promosikan Judi Online

Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menyampaikan manfaat KKI atau KKBD bagi Pemkab Temanggung yang pertama menunjukkan transparansi , dan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Karena apa pun KKPD ini bisa dilihat betul berapa jumlah modal yang sudah dikeluarkan atau masih tersimpan di dalam masing-masing OPD, jadi kelihatan secara transparan sehingga mereka menggunakan itu dengan cara kehati-hatian," katanya.

Ia berharap mudah-mudahan dengan keluarnya KKPD ini seluruh OPD di Kabupaten Temanggung mengimplementasikan semua.

"Mudah-mudahan kita juga sambil cek betul, semoga ini berjalan dengan sempurna," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement