Advertisement

Pemkot Jambi Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Kabupaten Magelang Utamanya Dalam Pasokan Komoditas Cabai

Abdul Hamied Razak
Senin, 21 Oktober 2024 - 22:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkot Jambi Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Kabupaten Magelang Utamanya Dalam Pasokan Komoditas Cabai Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto dan Pj Walikota Jambi saat menandatangani kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah, di Pendopo Soepardi Setda Kabupaten Magelang, Senin (21/10 - 2024) ist.Prokompim Setda Kabupaten Magelang 

Advertisement

Harianjogja.com, KOTA MUNGKID—Pemerintah Kota Jambi menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam konteks pengendalian inflasi. Perjanjian tersebut tertuang dalam penandatanganan kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah, yang dilaksanakan di Pendopo Soepardi Setda Kabupaten Magelang, Senin (21/10/2024).

Pj Walikota Jambi, Sri Purwaningsih menjelaskan bahwa kunjungannya kali ini bersama rombongan tim TPID dan tim kerjasama Kota Jambi di Kabupaten Magelang untuk melaksanakan apa yang menjadi arahan Pemerintah Pusat dalam konteks pengendalian inflasi.

Advertisement

BACA JUGA: Dekat Exit Tol Jogja Bawen, Terminal Tidar jadi Penghubung Destinasi Wisata Kota Magelang dan Sekitarnya

Ia mengatakan, Kota Jambi sebagai daerah yang bukan produsen saat ini membutuhkan distribusi sumber produksi yang membantu kebutuhan masyarakat di Kota Jambi. Dan kebetulan Kabupaten Magelang menjadi "Champion Cabai".

"Maka hari ini saya bersama Pak Pj Bupati Magelang menandatangani kesepakatan bersama yang tujuan utamanya adalah dalam konteks pengendalian inflasi, nanti kami akan belanja cabai dari Kabupaten Magelang untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kota Jambi," jelas Sri Purwaningsih.

Namun demikian, hari ini Pemerintah Kota Jambi masih belum melakukan belanja cabai di Kabupaten Magelang, menengok kondisi pasar di Kota Jambi harga cabai belum mengalami lonjakan yang signifikan, berbeda dengan beberapa bulan yang lalu harga cabai mencapai Rp 100 ribu/kilogram.

"Atas kerjasama yang hari ini kita lakukan sudah disiapkan juga tindak lanjutnya, akan ada perjanjian kerjasama, baik antar Kepala Dinas Pertanian Pangan, antar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan juga antar Koperasi. Karena Pj Bupati Magelang memiliki koperasi yang ada champion cabainya," terang Sri Purwaningsih.

Sri Purwaningsih berharap, kesepakatan bersama yang telah dilakukan hari ini bersama Pemerintah Kabupaten Magelang akan berdampak pada kesejahteraan, baik masyarakat di Kota Jambi yang mendapatkan komoditi cabai dengah harga yang lebih rendah, dan begitu pula dengan masyarakat Kabupaten Magelang yang mendapatkan pemasaran di Kota Jambi.

Sementara, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dari Pemerintah Kota Jambi kepada Kabupaten Magelang yang tertuang dalam penandatanganan kesepakatan bersama ini.

"Nanti action yang segera ditindaklanjuti adalah dalam konteks pengendalian inflasi, khususnya kita kerjasama terkait dengan pemenuhan suplai komoditas cabai," kata Sepyo.

Namun demikian, lebih lanjut Sepyo menyampaikan bahwa MoU ini sangat terbuka luas, tentunya tidak hanya komoditas cabai saja dan membuka ruang baru untuk meningkatkan kerjasama di berbagai potensi baik di Kota Jambi maupun di Kabupaten Magelang dan saling menguntungkan," ujar Sepyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Realisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Baru Mencapai 23%

Gunungkidul
| Selasa, 22 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement