Advertisement

Kota Magelang Peringkat Keenam Kota Toleran se-Indonesia

Newswire
Rabu, 31 Januari 2024 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Kota Magelang Peringkat Keenam Kota Toleran se-Indonesia Warga beraktivitas di Alun-Alun Kota Magelang, Kamis (21/12/2023). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Kota Magelang, Jawa Tengah, meraih predikat keenam sebagai Kota Toleran se-Indonesia versi Setara Institute dalam laporan Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2023 kembali menduduki peringkat enam dengan skor 6,220.

Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur, di Magelang, Rabu, menyampaikan Kota Magelang tahun 2021 peringkat enam, tahun 2022 turun jadi peringkat 10 dan tahun 2023 naik lagi jadi peringkat enam.

Advertisement

"Ini semua karena kerja keras, Wali Kota Magelang dan jajarannya serta adanya Satuan Tugas (Satgas) IKT," katanya.

Ia menerima langsung penghargaan tersebut pada Peluncuran IKT 2023 di Jakarta, Selasa (30/1).

Harapan ke depan, katanya, Kota Magelang lebih bekerja keras dan membenahi diri apa yang dirasa kurang. Minimal kota ini bisa meraih tiga besar IKT.

Ketua Satgas IKT Kota Magelang Catur Adi Subagio menyampaikan, berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Magelang untuk mendongkrak peringkat Kota Toleran, salah satunya dengan membentuk Satgas IKT sehingga kerja lebih fokus lagi.

"Adanya Satgas IKT artinya koordinasi antarOPD yang tersambung dengan IKT itu jadi lebih baik lagi dan tahun 2023 Kota Magelang naik empat peringkat sungguh luar biasa, berkat kerja bersama," jelasnya.

BACA JUGA: Kota Toleran, Wujud Kota Magelang Sebagai Rumah Besar Bersama

Selain itu, menurut Catur, ekspos media dan inovasi menjadi nilai tambah IKT Kota Magelang. Kendati demikian, masih banyak kerja yang harus dilakukan jika ingin naik peringkat. Catur mengakui cukup berat bersaing dengan 94 kota se Indonesia yang sudah memiliki sikap toleransi tinggi seperti Kota Singkawang dan Kota Salatiga.

"Kota-kota lain sudah mempersiapkan diri dengan matang, baik dari sisi penganggaran, kolaborasi, bahkan studi banding ke Setara Institute. Dari semua itu, yang terpenting bagi kita toleransi di Kota Magelang tetap berjalan baik," katanya.

Ia mendorong seluruh OPD untuk berinovasi dalam rangka mendukung IKT. Termasuk menambah regulasi yang bersentuhan dengan IKT, bisa peraturan wali kota (perwal) ataupun peraturan daerah (perda) untuk menguatkan IKT di Kota Magelang.

Tahun 2023, Setara Institute melibatkan 94 kota dari total 98 kota di seluruh Indonesia dalam penilaian IKT. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan empat variabel dan delapan indikator, yakni regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi sosio-keagamaan.

Dari aspek tersebut dihasilkan pengukuran praktik-praktik toleransi terbaik di kota-kota di Indonesia. Adapun 10 kota dengan tingkat paling toleran di Indonesia: Singkawang, Bekasi, Salatiga, Manado, Semarang, Magelang, Kediri, Sukabumi, Kupang, dan Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Istri Joko Pinurbo Kenang Sosok Joko Pinurbo sebagai Pribadi yang Sederhana

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement