Advertisement

Petani Wonosobo Sudah Menikmati Diskon Pupuk 40 Persen

Newswire
Jum'at, 09 Februari 2024 - 06:27 WIB
Ujang Hasanudin
Petani Wonosobo Sudah Menikmati Diskon Pupuk 40 Persen Petani di Kabupaten Wonosobo mendapat diskon pupuk. ANTARA - HO / Dinas Kominfo Pemkab Wonosobo

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSOBO— Petani di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah mendapat diskon pupuk 40 persen dari Pupuk Indonesia untuk jenis pupuk nonsubsidi yakni Urea dan NPK Phonska di kawasan Gerbang Mandala Wisata Wonosobo. Program diskon pupuk dalam rangka mendukung program menjaga ketahanan pangan nasional, petani

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat di Wonosobo, Rabu, mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut karena mendukung percepatan tanam di Kabupaten Wonosobo petani memperoleh pupuk nonsubsidi sebagai pemupukan yang berimbang.

Advertisement

"Saya mewakili petani yang ada di Kabupaten Wonosobo tentunya mengucapkan terima kasih atas bantuan potongan harga pupuk yang diberikan oleh PT Pupuk Indonesia, terlebih pada tahun 2023 banyak petani yang terdampak El Nino sehingga waktu tanam menjadi mundur. Hadirnya bantuan potongan harga pupuk ini diyakini akan membantu percepatan tanam bagi petani," katanya.

Lebih lanjut Afif menyampaikan, gebyar diskon pupuk nonsubsidi merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam mendukung petani untuk mengoptimalkan produksinya dengan biaya yang lebih terjangkau.

BACA JUGA: Tak Cuma BLT, Jokowi Juga Tambah Alokasi Pupuk Bersubsidi Jelang Pemilu

Direktur Utama Pupuk Sriwidjaja Palembang (PUSRI) Daconi Khotob mengatakan, dalam gebyar ini menyediakan 5.000 kupon, petani bisa mendapatkan pupuk urea maupun NPK ukuran 25 kilogram dengan harga Rp270.000, dari harga aslinya Rp450.000.

Menurut dia program ini merupakan upaya pemerintah memfasilitasi petani memperoleh pupuk nonsubsidi dengan harga terjangkau.

"Gebyar diskon pupuk sesuai dorongan pemerintah agar petani bisa menikmati pupuk nonsubsidi dengan harga terjangkau serta membantu meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani," katanya.

Ia menjelaskan, selain dapat membeli pupuk nonsubsidi dengan diskon 40 persen petani juga dapat membeli pupuk bersubsidi dengan harga normal. Pemerintah juga mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi hanya dengan kartu tanda penduduk.

"Semoga program ini dapat mendorong petani untuk menanam lebih awal sehingga kesuksesan musim tanam awal tahun ini bisa kita tuai bersama saat panen bulan April nanti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Senin 20 Mei 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement