Advertisement

902 Calon Mahasiswa Lolos SNBP Untidar, Manajemen Jadi Prodi Favorit

Nina Atmasari
Rabu, 27 Maret 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
902 Calon Mahasiswa Lolos SNBP Untidar, Manajemen Jadi Prodi Favorit Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Tidar, Prof. Suyitno. - Ist/dok Untidar

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Universitas Tidar (Untidar) Magelang menerima 902 calon mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dari total pendaftar di jalur tersebut sebanyak 8.039 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama, Prof. Suyitno menyebutkan jumlah peminat Untidar di jalur SNBP pada tahun ini sejumlah 8.039 orang dan yang berhasil diterima atau lolos seleksi sesuai kuota yang tersedia adalah 902 calon mahasiswa.

Advertisement

Jumlah peminat tahun ini naik 29,85% atau sebanyak 2.400 peminat dibandingkan tahun sebelumnya. “Peminat Untidar secara keseluruhan berasal dari 27 provinsi di Indonesia tetapi yang akhirnya lolos seleksi berasal dari 12 provinsi,” kata dia saat ditemui di Laboratorium Terpadu, Kampus Sidotopo Untidar, Rabu (27/3/2024).

Program studi (prodi) dengan peminat terbanyak adalah Manajemen dengan 813 peminat, disusul Ilmu Komunikasi 616 peminat, Ilmu Administrasi Negara 616 peminat, Akuntansi 525 peminat dan Hukum 521 peminat.

Jumlah calon mahasiswa Prodi Manajemen yang lolos SNBP adalah 40 orang sehingga rasio ketetatannya adalah 1:20. “Bisa diartikan untuk masuk Prodi Manajemen Jalur SNBP di Untidar 1 orang harus mengalahkan 20 orang lain,” tambah Prof Suyitno.

Ia menjelaskan proses SNBP menggabungkan beberapa indikator penilaian seperti prestasi akademik yaitu nilai rapor, mata pelajaran pendukung bidang yang diambil, prestasi lain atau non akademik dan prestasi sekolah.

Prestasi sekolah merupakan capaian penting dalam sekolah itu. Untidar menggunakan indikator nilai test SNBT 3 tahun terakhir sebagai data prestasi sekolah. “Besar harapan kami 902 calon mahasiswa seluruhnya mendaftar ulang agar tidak ada kursi yang dibiarkan lowong,” ucap dia.

Calon mahasiswa yang telah lolos SNBP tidak bisa mengikuti jalur seleksi lain seperti SNBT dan Ujian Mandiri diseluruh PTN manapun. Calon mahasiswa harus konsekuen dan bertanggung jawab atas apa yang telah dipilihnya.

BACA JUGA: Untidar Jalin Kerja Sama Riset dengan Sejong University

Menanggapi perihal "black list" bagi calon mahasiswa dan sekolah yang tidak melakukan registrasi, Prof. Suyitno menjelaskan perlunya kajian serta kebijakan kasus per kasus. Untidar tetap mengikuti kebijakan nasional namun juga mempertimbangkan perihal alasan atau penyebab tidak registrasi.

“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya beberapa calon mahasiswa mengundurkan diri dikarenakan kesulitan pembiayaan kuliah, kasus seperti ini tentunya perlu dikaji oleh tim dari Untidar tidak serta merta langsung memberi sanksi ke sekolahnya,” jelasnya.

Ia juga berpesan bagi yang belum beruntung lolos SNBP bisa mencoba mengikuti jalur seleksi lain seperti SNBT dan jalur Mandiri Untidar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement