Advertisement

Plt Bupati Purworejo Serahkan Penghargaan kepada 5 Juara Lomba Film Pendek Gempur Rokok Ilegal

Media Digital
Minggu, 10 Desember 2023 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Plt Bupati Purworejo Serahkan Penghargaan kepada 5 Juara Lomba Film Pendek Gempur Rokok Ilegal Plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH bersama pemenang Lomba Film Pendek Gempur Rokok Ilegal di Ganecca Convention Hall, Kamis (7/12 - 2023). (IST)

Advertisement

PURWOREJO—Plt Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyerahkan penghargaan Lomba Film Pendek Gempur Rokok Ilegal di Ganecca Convention Hall, Kamis (7/12/2023). Lomba Film Pendek Gempur Rokok Ilegal berhasil memilih lima juara, yang masing-masing mendapat trophi dan uang pembinaan senilai total Rp30 juta.

Turut hadir Staf Ahli Bupati bidang Ekobang Nurfiana SSTP MM, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kabag Perekonomian Anggit Wahyu Nugroho SSi MAcc dan Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP.

Advertisement

Plt Bupati Purworejo mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian bersama terhadap upaya memerangi peredaran rokok ilegal di tengah-tengah masyarakat. "Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini, Saudara telah berkreasi, berkarya dan memberikan sumbangsih kepada Kabupaten Purworejo," ucapnya.

Menurutnya, tema Gempur Rokok Ilegal bukanlah pilihan yang ringan. Ini adalah tantangan serius yang harus dihadapi bersama sebagai komunitas yang peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.  ”Rokok ilegal bukan hanya merugikan dari segi kesehatan, tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan, merugikan negara, dan membahayakan generasi penerus kita,” ujarnya.

Plt Bupati menambahkan Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023, secara tegas mendukung dan mendorong segala upaya memutus mata rantai peredaran rokok ilegal. Ia juga berpesan untuk masyarakat bersama-sama menjaga kesehatan, meningkatkan kesadaran bahaya rokok ilegal dan berkomitmen untuk melibatkan diri dalam upaya pemberantasan peredarannya.

"Saya yakin, pesan-pesan moral yang terkandung dalam film-film ini akan menjadi pemicu perubahan perilaku yang positif di masyarakat. Setiap karya merupakan cerminan dari keberanian dan semangat untuk berperan aktif dalam memberantas rokok ilegal," ujarnya.

Sarana Sosialisasi

Sementara itu Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM melaporkan kegiatan dilaksanakan untuk menjadikan film pendek sebagai sarana sosialisasi perihal larangan dan bahaya rokok ilegal kepada masyarakat. Lomba diikuti 25 peserta, yang memperebutkan lima peringkat.

”Diawali dengan masa publikasi dan pengumpulan karya dari 27 Oktober 2023 hingga 28 November 2023. Selanjutnya masa penjurian dilakukan mulai 1 Desember 2023 hingga 5 Desember 2023, dan puncaknya pada Kamis, dilaksanakan penganugerahan kejuaraan," jelasnya.

Rico, salah satu peserta yang meraih juara 2 menilai Lomba Film Pendek Gempur Rokok Ilegal ini sangat baik, keren dan memunculkan banyak sineas Purworejo. Harapannya lomba semacam ini sering diadakan di Kabupaten Purworejo

Dalam lomba tersebut, Juara 1 hingga 3 secara berturut-turut diraih Adjib Akhaiba (Wareng) yang memperoleh uang pembinaan Rp8 juta, Richo Irawan (Berkah Kreative) Rp7 juta, serta Sigit Setia Budi (Ruang Komedi Kutoarjo) Rp6 juta. Sedangkan Juara Harapan 1 diraih Restu Tri Pamungkas (Imagine Video) Rp5 juta, serta Juara Harapan 2 Eko Permono (Komunitas Ragmala) Rp4 juta. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Asyik! 1.254 Anggota Bamuskal di Gunungkidul Kini Dicover BPJS

Gunungkidul
| Senin, 29 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement