Advertisement

Perkuat Kolaborasi Internasional, Untidar Kunjungi Technologie du Cambodge

Media Digital
Minggu, 17 Desember 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Perkuat Kolaborasi Internasional, Untidar Kunjungi Technologie du Cambodge Pemberian cindermata Untider ke ITC Kamboja dari Dekan Fakultas Teknik Untidar kepada Head of Industrial & Mechanical Engineering Department, Chan Sarin. - Istimewa

Advertisement

MAGELANG—Universitas Tidar (Untidar) terus memperkuat kolaborasi internasional dengan universitas-universitas di luar negeri. Salah satunya menginiasi kerja sama dengan Institut de Technologie du Cambodge di Kamboja untuk kolaborasi pengajaran, pertukaran mahasiswa, dan penelitian, termasuk joint publication.

Sebagai langkah awal kerja sama ini, tim dari Untidar melakukan kunjungan ke ITC pada 21-24 November 2023.

Advertisement

Delegasi terdiri tiga orang yaitu Prof. Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., ASEAN Eng. (Dekan Fakultas Teknik), Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P. (Dekan Fakultas Pertanian) dan Julian Anindito Widiatmoko, S.T., M.Eng. (Anggota Gugus Kerjasama Internasional). Mereka diterima oleh tim yang dikoordinasi oleh Dr. Sarin Chan (Head of Industrial & Mechanical Engineering Department ITC).

Dalam kunjungan ini, tim Untidar mengunjungi Research & Innovation Centre (RIC) ITC. Mereka saling memaparkan profil masing-masing universitas, serta riset yang sedang dijalankan.

Delegasi Untidar memaparkan profil Untidar dan peta penelitian khususnya fakultas teknik. Diskusi dua arah kemudian dilakukan untuk mengekplorasi peluang riset dan prosedur di ITC dalam melakukan kolaborasi penelitian.

Hasil diskusi ini nantinya disampaikan delegasi ke lembaga pengelola riset Untidar untuk ditindaklanjuti pada kunjungan berikutnya yang direncanakan dilakukan pada bulan Desember 2023.

Delegasi Untidar tersebut juga rapat dengan Department of Industrial dan Mechanical Engineering yang merupakan agenda inti kunjungan. Beberapa poin disepakati dalam pertemuan ini yaitu kerjasama pengajaran pada mata kuliah di kedua universitas dan pertukaran mahasiswa dari kedua pihak.

Kerja sama akan dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani kedua pihak.

BACA JUGA: Kunjungi Malaysia, Untidar Gagas Kolaborasi Strategis

Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P. mengatakan kerja sama ini merupakan awal kerjasama FP UNTIDAR dengan universitas luar negeri. “Semoga ke depan Faperta Untidar, khususnya Prodi Teknologi Pangan bisa bekerjasama dengan ITC, mengenai student exchange, lecture exchange, research collaboration dan penulisan artikel jurnal,” katanya.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., ASEAN Eng. Berharap kunjungan ini bisa dilanjutkan dengan kerjasama sesuai yang tertuang di dokumen kerja sama.

“Semoga Kolaborasi pengajaran, pertukaran mahasiswa, dan penelitian, termasuk joint publication antara Untidar dan ITC Cambodia bisa terealisasi mulai tahun depan,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penurunan Angka Pengangguran di Gunungkidul 2023 Tak Capai Target

Gunungkidul
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement