Advertisement

Wali Kota Magelang Gulirkan Program Bos Muda untuk Cetak Pengusaha Baru

Nina Atmasari
Kamis, 04 Juli 2024 - 15:17 WIB
Sunartono
Wali Kota Magelang Gulirkan Program Bos Muda untuk Cetak Pengusaha Baru Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz membuka Program Bisnis Orientasi Sukses Pemuda Magelang (Bos Muda) tahun 2024 di Pendopo Pengabdian, Rabu (3/7/2024). - Istimewa.

Advertisement

KOTA MAGELANG—Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz membuka Program Bisnis Orientasi Sukses Pemuda Magelang (Bos Muda) tahun 2024 di Pendopo Pengabdian, Rabu (3/7/2024).

Program yang diinisiasi oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang itu diikuti oleh 73 peserta. Mayoritas peserta adalah pemuda berusia 16-30 tahun warga ber-KTP dan berdomisili di Kota Magelang.

Advertisement

Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa menjelaskan program Bos Muda ini bertujuan mengurangi pengangguran di kalangan pemuda dan menekan angka kemiskinan di Kota Magelang.

BACA JUGA : Kota Magelang Peringkat Keenam Kota Toleran se-Indonesia

"Program ini akan berlangsung selama satu tahun dari Juli 2024 sampai Juli 2025. Diawali pembukaan dan pelatihan perdana ini. Dilanjutkan dengan pembekalan mindset, konseling, pelatihan teknis, pembuatan proposal bisnis, magang hingga praktek usaha," katanya.

Program Bos Muda merupakan upaya untuk terus menekan angka pengangguran terbuka (TPT) dan kemiskinan di Kota Magelang. Pola Pelatihan Kewirausahaan Bos Muda bersinergi secara pentahelix, yaitu pemerintah, pengusaha, akademisi, organisasi masyarakat dan media.

Selama mengikuti program ini, para peserta akan didampingi oleh beberapa pengusaha muda diantaranya Pengusaha Kopi Arabika Kaliangkrik Magelang Rinto; Pemilik Rumah Akrilik Magelang Fathur Rozaq; Pengusaha Fotografi dan pengurus HIPMI Andhika John Manggala; Pemilik Elmer Living Bindy; Pemilik LYF Official Kamala Luthfi dan lainnya.

Dokter Aziz mengatakan, untuk mencapai predikat atau gelar bos di dunia wirausaha memang tidak mudah. Butuh perjuangan dan upaya keras dengan tantangan beragam yang harus siap dihadapi.

"Menjadi pengusaha itu setidaknya ada tiga jalur, yakni talenta atau bakat, belajar, dan perpaduan talenta serta belajar. Kalau sudah bakat dari lahir maka akan menjadi pengusaha, kemudian bisa dicapai dengan belajar dan perpaduan keduanya," ujarnya.

Dokter Aziz berbagi pengalaman dan tips berwirausaha kepada para peserta yang mayoritas baru akan memulai bisnis. Ia banyak bercerita kisahnya saat memulai usaha di bidang kedokteran dari jatuh bangun membuka klinik sampai akhirnya bisa mendirikan empat rumah sakit.

BACA JUGA : DPRD dan Media Perlu Bersinergi untuk Publikasi dan Ekonomi

Menurutnya, untuk menjadi pengusaha harus memiliki guru yang selalu mendampingi. "Guru itu penting sebagai tempat kita sharing, curhat, dan menemukan solusi dalam berwirausaha. Selain itu, jadi pengusaha juga harus berani gagal, jatuh bangun, jujur, dan disiplin serta dermawan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disambut Bupati, Ratusan Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Sleman Tiba di Bumi Sembada

Sleman
| Minggu, 07 Juli 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement