Advertisement

Bank Bapas 69 Raih 4 Penghargaan TOP BUMD Award

Media Digital
Kamis, 21 Maret 2024 - 12:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bank Bapas 69 Raih 4 Penghargaan TOP BUMD Award PT BPR Bank BAPAS 69 (Perseroda) Kabupaten Magelang meraih empat penghargaan dalam TOP BUMD Award. Istimewa

Advertisement

MAGELANG—PT BPR Bank BAPAS 69 (Perseroda) Kabupaten Magelang meraih empat penghargaan dalam TOP BUMD Award. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama Bank BAPAS 69, Rohmad Widodo, S.E di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Bank milik Pemerintah Kabupaten Magelang ini mendapatkan empat penghargaan meliputi Penjabat (Pj) Bupati Magelang sebagai TOP PEMBINA BUMD 2024, Rohmad Widodo, S.E Direktur Utama sebagai TOP CEO BUMD 2024 dan PT BPR Bank BAPAS 69 (Perseroda) mendapatkan TOP BUMD 2024 # Stars 5 dan PLATINUM TROPHY.

Advertisement

"Penghargaan Top BUMD Awards 2024 diberikan kepada BUMD [badan usaha milik daerah] unggulan dari seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap," jelas Rohmad Widodo, dalam keterangannya, Rabu (20/3/2024).

Acara penyerahan penghargaan tersebut diikuti oleh sekitar 200 BUMD, dihadiri antara lain oleh CEO BUMD dan para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan, para dewan juri TOP BUMD Awards, dan lain-lain.

TOP BUMD Award diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda). Tema TOP BUMD Awards 2024 kali ini adalah Penguatan Tata Kelola dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD.

Rohmad Widodo menjelaskan kinerja dan kebijakan yang diambil oleh Direksi dan Manajemen pada tahun 2024 telah membawa PT BPR Bank Bapas 69 Magelang (Perseroda) berhasil meraih penghargaan dalam TOP BUMD Award Tahun 2024 tersebut.

"Berkat dukungan dan bersinergi bersama Pemerintah Daerah dalam rangka memberdayakan ekonomi masyarakat pada TOP BUMD Awards 2024 - Predikat Bintang 5 yang berarti excellent atau luar biasa diraih Bank Bapas 69, karena dinilai memiliki pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik dan selaras dengan visi BUMD," jelasnya.

Bank Bapas 69 juga dinilai telah melakukan inovasi/perbaikan yang berkelanjutan dan didukung tekonologi informasi, memiliki peran besar dan penting dalam pembangunan ekonomi di daerah, serta layak untuk dijadikan contoh/ benchmark bagi BUMD lain.

Secara umum, Bank Bapas 69 berhasil melakukan kombinasi pencapaian kinerja, upaya perbaikan, dan kontribusi BUMD, berpredikat excellent atau luar biasa dan dapat menjadi contoh bagi BUMD lainnya. Pada tahun ini Bank Bapas 69 menorehkan TOP BUMD Platinum Trophy berkat prestasi Bank Bapas 69 sebagai Pemenang TOP BUMD Awards - Predikat Bintang 5, selama 5 tahun berturut-turut.

Hingga 31 Desember 2023, Bank Bapas 69 memiliki total aktiva atau asset sebesar Rp1,510 triliun, meningkat 10.48% dibanding asset pada periode yang sama tahun 2022 yang sebesar Rp1,366 triliun. Dana Pihak Ketiga sebesar Rp1,300 triliun, naik 11.15 % dibanding periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp1,169 triliun. Adapun jumlah nasabah 199.156, dengan perincian nasabah tabungan 173.372 nasabah deposito berjangka 5.325 dan nasabah kredit 20.459 nasabah.

Bank Bapas 69 memberikan kontribusi kepada PAD Pemerintah Kabupaten Magelang sebesar Rp16,3 miliar atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang sejumlah Rp15,3 miliar. Setoran PAD tersebut, selama ini merupakan yang paling besar dibandingkan dengan BPR milik Pemerintah Daerah yang lain di seluruh Indonesia.

Rohmad Widodo menambahkan dalam menjalankan layanan bisnis, Bank Bapas 69 memperhatikan enam aspek yaitu bisnis, yaitu support Pemerintah Daerah berupa sinergi amanah berbagai macam pengelolaan dana, penguatan SDM dan informasi teknologi akses jaringan melalui 4 Kantor Cabang dan 21 Kantor Kas, pelayanan nasabah, penerapan GRC ( tata kelola ) dan kebijakan strategis oleh manajemen.

"Bank Bapas 69 berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip CGC dalam setiap aspek bisnis dan operasional yang mengacu pada 5 prinsip dasar GCG TARIF, pelaksanaan GCG secara konsisten akan memperkuat Bank dalam menghadapi persaingan usaha, meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mengelola sumber daya perusahaan, memaksimalkan value Perusahaan dalam jangka panjang dan meningkatkan kepercayaan pemilik," kata Rohmad Widodo. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement