Advertisement

DPRD Sepakati Visi Kabupaten Magelang 20 Tahun ke Depan

Media Digital
Senin, 08 Juli 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
DPRD Sepakati Visi Kabupaten Magelang 20 Tahun ke Depan Suasana saat digelarnya rapat paripurna Persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang RPJPD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045 di DPRD Kabupaten Magelang, Kamis (4/7/2024). - Istimewa

Advertisement

MAGELANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang bersama eksekutif menyepakati visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 yaitu Terwujudnya Kabupaten Magelang yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan. Visi tersebut dijabarkan menjadi lima misi pembangunan Kabupaten Magelang 2025-2045.

Kesepakatan itu tertuang dalam Rapat Paripurna dengan agenda Persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang RPJPD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045 di Gedung DPRD, Kamis (4/7/2024).

Advertisement

Ketua Pansus III DPRD, Mujadin menjelaskan penetapan visi tersebut telah mendasarkan pada kondisi daerah Kabupaten Magelang.

Maju mengandung pengertian terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas (cerdas, sehat, berkarakter, dan berdaya saing) sehingga capaian hasil pembangunan Kabupaten Magelang lebih tinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya. 

"Maju juga mengandung pengertian terwujudnya good governance, yaitu pemerintahan yang melaksanakan reformasi birokrasi, transparan, akuntabel, menegakkan hukum, profesional serta modern. Sejahtera mengandung makna terwujudnya kondisi di mana masyarakat Kabupaten Magelang dalam keadaan makmur secara lahir dan batin, serta nyaman dan aman. Berkelanjutan artinya tercipta keseimbangan antara pemanfaatan dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup," papar Mujadin.

Guna mewujudkan visi RPJPD 2025-2045 tersebut, maka ditetapkan lima misi pembangunan 2025-2045 yaitu Mewujudkan Masyarakat yang maju, berkarakter, dan berdaya saing; Memajukan perekonomian daerah berbasis potensi lokal unggulan yang berkelanjutan; Mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur yang andal dan berkualitas untuk mendukung perkembangan wilayah.

Mewujudkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta responsif terhadap bencana; dan Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. 

"Arah kebijakan jangka panjang daerah Kabupaten Magelang merupakan rumusan kerangka kerja dalam melaksanakan misi yang menyesuaikan dengan isu strategis dan dibagi ke dalam empat tahapan, di mana setiap tahapan dapat memiliki tema pembangunan dalam kerangka pencapaian sasaran pokok yang menggambarkan terwujudnya visi daerah," ujar dia. 

Tahap pertama tahun 2025-2029, kata Mujadin, diarahkan pada penguatan pondasi visi; tahap kedua (2030-2034) diarahkan pada percepatan pencapaian visi; tahap ketiga (2035-2039) diarahkan pada pemantapan pencapaian visi; dan tahap keempat (2040-2045) diarahkan untuk perwujudan visi. “Dalam RPJPD, ada 56 Indikator Utama Pembangunan [IUP] dalam upaya mewujudkan sasaran pokok,” ucap dia.

Cita-Cita Pembangunan

Sementara itu, Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto menjelaskan penyusunan RPJPD tersebut bertujuan merumuskan cita-cita pembangunan daerah untuk 20 tahun ke depan ke dalam visi, misi, arah kebijakan, sasaran pokok, dan indikator kinerja pembangunan daerah.

"RPJPD diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan semua sektor pembangunan selama dua puluh tahun ke depan, khususnya sektor unggulan di Kabupaten Magelang yaitu pertanian, UMKM dan pariwisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, RPJPD diharapkan mampu merespons dinamika yang terjadi saat ini dan yang akan datang, serta memperkuat upaya kita dalam pencapaian Visi Kabupaten Magelang 2025-2045," kata Sepyo Achanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement