Advertisement

Siap-Siap Memilih, Maskot dan Jingle Pilbup Magelang Diluncurkan

Nina Atmasari
Minggu, 26 Mei 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Siap-Siap Memilih, Maskot dan Jingle Pilbup Magelang Diluncurkan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Magelang secara resmi meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang di lapangan Desa Donorojo, Mertoyudan, Sabtu (25/5/2024) malam. - Ist/dok Prokompim Pemkab Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG— KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Magelang secara resmi meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang di lapangan Desa Donorojo, Mertoyudan, Sabtu (25/5/2024) malam.

Peluncuran ditandai dengan merilis maskot "Si-Randu dan jingle "Magelang Memilih" pada Pilkada Tahun 2024.

Advertisement

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengatakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil merupakan syarat mutlak bagi hadirnya pemimpin yang berkualitas, dapat dipercaya, dan dapat menjalankan fungsi kelembagaan secara optimal.

“Kualitas penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah juga dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Semakin tinggi partisipasi pemilih, maka semakin tinggi pula kualitas pemilihan dan semakin tinggi pula tingkat legitimasi pemimpin yang terpilih.” Kata Sepyo, dalam sambutannya.

Menurutnya, hal ini amat penting dalam sebuah negara demokrasi karena pemimpin menjadi representasi dari kepentingan-kepentingan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan memastikan kemajuan seluruh masyarakat, bangsa dan negara.

"Untuk itu kami menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Magelang yang pada malam hari ini menyelenggarakan acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2024," ucap Sepyo Achanto.

Baca Juga

KPU Magelang Luncurkan Maskot Si Randu untuk Pilkada 2024

KPU Kabupaten Magelang Buka Rekrutmen 105 Personel PPK Pilkada 2024

Calon Bupati Magelang Jalur Independen Harus Punya Minimal 65.494 Dukungan

Lebih lanjut ia mengatakan tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai sarana sosialisasi untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Magelang, terkait dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang pada 2024.

Ia menyampaikan KPU telah menetapkan 27 November 2024 yang akan datang, sebagai tanggal pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sekaligus Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur secara serentak di Indonesia.

"Acara Peluncuran pada malam hari ini, kami harapkan dapat segera ditindaklanjuti oleh panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemilihan di tingkat desa hingga tingkat dusun, sebagai upaya untuk mengoptimalkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2024," harapnya.

Sepyo menambahkan perlu disadari bersama bahwa, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Magelang tidak lepas dari situasi dan kondisi yang kondusif, sehingga perlu adanya komitmen antar seluruh elemen masyarakat Kabupaten Magelang untuk menjaga kondusifitas wilayah dengan penuh kesadaran dan kebersamaan.

"Untuk itu, siapapun yang nantinya terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Magelang harus kita dukung bersama-sama, untuk kesinambungan dan suksesnya pembangunan di Kabupaten Magelang," ujar Sepyo.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik menyampaikan kegiatan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tanggal 27 November 2024 akan ada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sekaligus Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Pada kesempatan ini kita sekaligus melaunching Maskot Si-Randu (Rukun lan Guyub Mbangun Magelang) yang diinspirasi oleh varietas fauna yang ada di Magelang yaitu Kambing Jawa dan jingle lagu oleh KPU yang berjudul Magelang Memilih,” ungkap Rofik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Singapura Memberikan Serahkan Bantuan 1.600 Domba ke Gunungkidul

Gunungkidul
| Senin, 17 Juni 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement