Advertisement

Pilbup Magelang, 5 Parpol Berkoalisi Dukung Grengseng-Sahid

Nina Atmasari
Kamis, 11 Juli 2024 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
Pilbup Magelang, 5 Parpol Berkoalisi Dukung Grengseng-Sahid Sebanyak lima partai politik menyepakati Kerja Sama Partai Politik yang digelar di Atria Hotel Magelang, Rabu (10/7/2024). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Lima partai politik (parpol) besar di Kabupaten Magelang bersatu dalam koalisi menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Magelang 2024.

Lima partai tersebut yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, PPP, Golkar dan Demokrat Kabupaten Magelang. Kelima parpol tersebut menyatakan bersatu dalam Kerja Sama Partai Politik yang digelar di Atria Hotel Magelang, Rabu (10/7/2024). Kegiatan ini dihadir para tokoh parpol beserta sejumlah pengurusnya.

Advertisement

Dalam kerjasama tersebut muncul nama Calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang yang akan diajukan dalam Pilbup 2024, Yakni Grengseng Pamuji dan H. Sahid. Pasangan tersebut akan diajukan sesuai mekanisme partai politik masing-masing.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto mengatakan lima partai ini berkoalisi karena mempunyai spirit yang sama, yaitu ingin membangun Magelang.

“Ada hubungan emosional yang sama, spirit yang sama ingin membangun Magelang ini. Sehingga titik temunya ada disini. Kita memiliki visi misi yang sama membangun Kabupaten Magelang. Dan nanti visi misi akan kita garab melalui tim yang melipatkan semua komponen partai," katanya, di sela kegiatan.

BACA JUGA: Kepala Desa di Magelang Diminta Mengawal Tahapan Pilkada 2024

Ia mengakui proses untuk tujuan tersebut tidak mudah. Sebelumnya sempat terjadi riak-riak, namun menurutnya itu adalah bagian dari dinamika. Dari berbagai proses tersebut akhirnya menuju ke kerja sama dan mengerucut pada pasangan Grengseng dan Sahid untuk diusung bersama menjadi cabup-cawabup.

Ada makna dalam pemilihan dua tokoh tersebut. Saryan menjelaskan spirit yang dibawa adalah mengusung orang yang lahir, tumbuh dan berkembang dari internal partai.

“Dengan spirit itu, sehingga bisa memahami suka dukanya sebagai partai politik disaat kita tergerus sebuah proses anomali politik saat ini. Sehingga parpol ini bisa menjadi alat demkokrasi yang mempunyai peran penting tidak hanya sebagai kendaraan,” jelasnya.

Paslon tersebut dinilai merupakan kader terbaik dari partai. Grengseng Pamuji dari PDI Perjuangan, dan Sahid kader terbaik dari Gerindra. Saryan mengakui setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya, tetapi menurutnya pasangan tersebut merupakan yang terbaik dari partainya.

“Perhari ini kader terbaik kami adalah Grengseng Pamuji dari PDI Perjuangan, dan Sahid kader terbaik dari Gerindra. Komitmen kerakyatannya juga bagus. Itu teruji dari keduanya saat menjadi anggota dewan selama dua periode. Kemudian dari sisi ketegasanya, background mereka baik,” tegasnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Magelang, Soeharno menambahkan kerja sama ini telah melalui proses komunikasi. Bahkan, komunikasi menjadi dasar hingga akhirnya terjalin kerja sama.

“Kami selaku menjalin komunikasi. Dari itu lakukan penyaringan kader kami. Lalu kami komunikasikan dengan DPC PDI, untuk mengusulkan kader internal terbaik kami,” tambahnya.

Ia menjelaskan Sahid merupakan kader partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut, bahkan telah menjadi anggota DPRD Kabupaten Magelang selama dua periode.

"Jadi, bisa dikatakan [Sahid paham] di luar kepala soal Magelang. Dan filosofi pemerintah sekarang dikatakan berhasil jika mampu mengentaskan kemiskinan. Dan hal itu menjadi PR,” jelasnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Magelang, Budi Purnomo juga mengakui proses menuju kerja sama ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada komunikasi panjang yang dilakukan partai-partai tersebut.

“Ini merupakan suatu proses yang tidak ujuk-ujuk, ada proses komunikasi yang cukup panjang. Dan intinya kami dari Partai Golkar merasa memiliki spirit yang sama untuk menjadikan Magelang kedepan lebih Gemilang,” ujarnya.

Budi yang juga menjadi wakil rakyat tersebut menjelaskan dirinya sudah mengenal sosok Grengseng cukup dalam karena sama-sama di komisi 2 dan 1 DPRD Kabupaten Magelang.

“Dan saya yakin bahwa beliau sudah beberapa periode sudah matang, sudah memiliki pengalaman yang panjang untuk bisa menjadikan Magelang lebih Gemilang ke depannya. Kami Partai Golkar solid dan all out dengan koalisi ini,” pungkasnya.

Dari Partai Demokrat, Sekertaris Partai Demokrat Kabupaten Magelang, Irfan Haris mengaku bergabung dengan koalisi ini tersebut karena pertimbangan sosok Grengseng.

“Kami sangat mempercayai Mas Grengseng, karena pengalaman beliau menjadi anggota dewan termasuk Mas Sahid. Tentunya dengan pengalaman beliau mengetahui permasalah di Magelang tentu menjadi modal dasar untuk mencari solusi permasalahan itu, sehingga membuat Magelang lebih maju lagi,” paparnya.

Adapun Ketua DPC PPP Kabupaten Magelang, Lilik Tri Handoko mengungkapkan kerja sama ini menjadi jawaban dinamika yang terjadi di masing-masing partai.

“Dan hasilnya sudah 100 persen berkoalisi dengan partai lainnya yang ada saat ini. Sehingga bisa berkontribusi dengan kemajuan Kabupaten Magelang. Dan mantap dengan paslon ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkab Bantul Klaim Pasokan Pangan Aman dan Harga Terkendali

Bantul
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement